Bisnis Modal Kecil tapi Jangan Palugada

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Ide Bisnis Kreatif dan Unik bagi Ibu Rumah Tangga, tidak ada yang menganjurkan Anda berbisnis palugada, atau “apa lu mau, gua ada” alias semua produk dijual. Jika Anda ingin bisnisnya bertahan hingga bertahun-tahun lamanya, maka pilih fokus di 1 bidang usaha dahulu, dan hindari palugada. Kenapa?

Satu, membuat tidak bisa fokus.

Bagaimana Anda bisa fokus jualan, kalau setiap ada konsumen minta produk A, Anda segera mencarinya. Lalu konsumen lain minta produk Z, yang jauh berbeda dengan produk A, Anda buru-buru mencarinya. Jadi, Anda tidak dikenal sebagai pebisnis tapi lebih ke pedagang banyak produk. Hal ini tidak membuat branding Anda bisa muncul juga.

Dua, tidak detail mengetahui produk atau jasanya.

Ketika Anda berbisnis palugada, maka Anda tidak akan tahu detail bagaimana keunggulan dan kelemahan produk yang Anda jual atau jasa yang Anda tawarkan. Padahal, ketika Anda jualan 1 produk dan tahu sendiri kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa membuat inovasi baru atau menyempurnakan produk dari waktu ke waktu.

Tiga, kurang mengenal target market.

Berbisnis yang baik adalah mengenal target market. Padahal, setiap produk itu punya target market sendiri. Ketika Anda jualan palugada, tentu target marketnya sangat luas sehingga Anda tidak bisa tahu, sebenarnya pelanggan Anda itu dari kalangan mana? Padahal ketika Anda tahu target martketnya, akan lebih memudahkan Anda berjualan ke depannya.

Empat, susah menemukan inovasi.

Tahu kan kalau salah satu cara agar produk Anda terus dicari oleh konsumen itu karena kerap mengeluarkan inovasi? Kalau paludaga, Anda tidak jelas jualan produk aja, maka gimana bisa membuat inovasi? Kalau produk yang ditawarkan banyak dan itu-itu saja tanpa inovasi, bisa jadi perlahan-lahan membuat pelanggan pergi.

Lima, Anda tidak bisa ahli di satu bidang.

Andaikan Anda tidak jualan palugada, tapi fokus jualan handsock. Maka Anda akan tahu, desain seperti apa yang kerap disukai, bahan yang mana yang nyaman dan enak dipakai, bagaimana target marketnya. Intinya, Anda bisa menjadi ahli di dunia handsock.

Mulai sekarang, pilih salah satu bidang bisnis dulu, lalu catat pilihan Anda di Agenda Remaja Prestatif. Untuk menemabi Anda menyusun program bisnis yang lebih tepat, bisa mencatatnya juga di agenda ini. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: