5 Bisnis Jasa Modal Kecil dan Bisa Dimulai dari Rumah

Sudahkah Anda membaca artikel sebelumnya yang berjudul 5 Cara Memilih Usaha bagi Pemula? Nah, jika Anda memilih bisnis bidang jasa, bisa membaca artikel ini. Apalagi saat ini, berbagai peluang bisnis di bidang jasa tengah dibutuhkan banyak pihak. Anda dapat memilih salah satu atau lebih dari lima macam bisnis jasa yang booming, seperti di bawah ini.

Satu, konsultan.

Antara lain menjadi konsultan pajak, keuangan, periklanan, karir, bisnis, dan masih banyak lagi. Sebagai pihak di luar perusahaan, konsultan dapat berpikir obyektif sehingga mampu memberikan saran yang jitu mengenai hal tertentu. Untuk langkah awal, Anda dapat menjadi konsultan orang terdekat secara gratis dan mintalah testimoni. Dengan harapan, nama Anda perlahan-lahan mulai dikenal.

Dua, marketing.

Pasalnya, banyak perusahaan yang mencari marketing freelance agar semakin banyak tim promosi. Anda dapat menjadi marketing untuk perusahaan media yang membutuhkan iklan, marketing untuk developer agar semakin banyak unit rumahnya yang terjual, hingga marketing produk kecantikan. Untuk itu, Anda harus membangun link agar kelak lebih mudah menawarkan produk atau jasa.

Tiga, training.

Anda bisa juga menjadi trainer yang siap menawarkan kerja sama pelatihan berdasarkan kemampuan diri sendiri. Sebut saja pelatihan menulis, motivasi pribadi maupun perusahaan, public speaking, dan lainnya. Untuk menjadi trainer, Anda harus memiliki banyak pengalaman di bidang tersebut. Contohnya, ingin menjadi trainer menulis setidaknya memiliki pengalaman menerbitkan buku, atau menjadi editor, dan keahlian seputar dunia penulisan yang lainnya.

Empat, event organizer (EO).

Berbisnis EO, Anda bisa menawarkan kerja sama kepada pihak pemerintah, perusahaan, hingga kawan terdekat. Bisnis EO justru menggunakan modal nol rupiah tetapi link yang banyak. Anda dapat meminta down payment (DP) dari klien untuk memulai usaha. Event yang bisa diadakan seperti pernikahan, ulang tahun, pesta, dan lain-lain.

Lima, jasa membangun personal branding.

Banyak kalangan profesional yang berpotensi tetapi kurang populer di masyarakat. Hal tersebut dapat membuat skills Anda kurang dikenal banyak orang. Untuk itu perlu membangun personal branding, agar kemampuan makin diketahui khalayak luas, sehingga memudahkan Anda menuju ke titik sukses.

Apapun bidang jasa yang akan Anda pilih, sebaiknya tulis di Agenda Remaja Prestatif agar termotivasi bisa mengejarkan. Agenda tersebut bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Agenda Remaja Prestatif membuat Anda lebih mudah mencatat tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini, rasa sedih hari ini, keburukanku, kebaikanku, dan kata mutiara. Sehingga bisa belajar dari setiap pengalaman. Nah, apakah Anda sudah memilih berbisnis bidang jasa apa?

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com