Belajar Menulis yang Baik dan Menarik

Sebelum membaca artikel ini, sebaiknya Anda sudah membaca tulisan yang sebelumnya yaitu berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, agar memudahkan Anda segera konsisten menulis. Selain itu, perlu mengetahui bagaimana membuat tulisan yang baik dan menarik. Untuk mendapatkan dua hal tersebut, yaitu yang baik dan menarik, maka menulislah dengan cara berikut ini:

Satu, menulislah sesuai PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

PUEBI sebelumnya bernama EBI (Ejaan Bahasa Indonesia) dan EYD (Ejaan yang disempurnakan). Bagaimanapun juga, tulisan yang sesuai kaidah juga lebih nyaman dibaca oleh mata. Mungkin Anda tidak bisa 100% mengikuti tulisan PEUBI, tidak apa-apa, perlahan-lahan mulailah menulis sesuai ejaan yang benar annti lama-lama terbiasa.

Dua, ada satu ide tulisan.

Kenapa harus ada satu ide tulisan? Karena membuat pembaca paham dan tidak bingung. Ketika dalam satu tulisan ada lebih dari satu ide tulisan, maka hasil tulisannya juga tidak jelas sebenarnya mau memberi pesan apa? Meski begitu, dari satu ide tulisan tersebut bisa dipecah menjadi beberapa sub-ide.

Tiga, alur yang runtun.

Tulisan yang bagus adalah puny alur “mengalir” dengan benar. Misalnya gini, Anda akan menulis tema ide bermain bersama anak di rumah, lalu di paragraf pertama Anda menulis tentang manfaat bermain bersama anak, kemudian di paragraf dua tentang permainan membuat lego bersama, tapi di paragraf tiga membahas manfaat lagi. Nah, ini contoh alur yang tidak runtun.

Empat, tulisan yang bermanfaat.

Bagaimanapun juga, pembaca akan memilih tulisan yang bermanfaat. Meski begitu, tulisan yang bermanfaat tidak selalu serius, bsia hal sederhana sehari-hari seperti tips parenting di rumah, atau tulisan lucu karena sudah menghibur pembaca.

Lima, judul yang memikat.

Judul adalah hal pertama yang akan dilihat dan sangat menentukan apakah mereka mau lanjut membaca atau tidak. Meski begitu, usahakan judulnya berkaitan dengan isi tulisan. Judul menarik itu bisa berupa angka (5 Ide Bermain Bersama Anak di Rumah), atau yang membuat penasaran (Ini Dia 5 Macam Permainan Merangsang Motorik Anak), dan masih banyak lagi.

Jika Anda sudah punya rencana menulis dan menerbitkan buku, jangan biarkan buku tersebut mencari pembaca sendiri, tapi Andalah yang mencari calon pembaca dengan promosi. Mudahnya, promosi lewat media sosial saja karena mudah dilakukan. Buka dan isi Social Media Board (salah satu Superboard dari Indscript) sesuai instruksi.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: