Belajar Menjadi Penulis Pemula: Menghindari Rasa Malas

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Cara Menulis Buku bagi Pemula Termasuk IRT, maka artikel yang ini akan memberikan tips menulis selanjutnya yaitu bagaimana menghadapi ketika malas menulis.

Pada dasarnya, setiap penulis pasti memiliki motivasi utama mengapa mau menghasilkan tulisan. Hal tersebut tergolong wajar. Bila Anda sudah mengetahui motivasi menulis diri sendiri, dapat memberi dampak positif pada produktivitas kelak. Tercatat beberapa alasan yang pernah para penulis akui. Berikut ada lima motivasi penulis yang terbanyak.

Satu, menghasilkan tulisan dapat memberikan kebahagiaan pribadi.

Penulis umumnya mengaku kalau ada kepuasan tersendiri bila berhasil menuntaskan naskah. Pada akhirnya, buku yang memuat tulisannya tersebut akan dijual bebas di toko buku. Serta dapat dibaca oleh banyak orang dari berbagai wilayah.

Dua, alasan menulis karena ingin memiliki karya yang membanggakan, khususnya untuk keluarga.

Sebuah karya berupa buku memang memiliki kesan yang berbeda. Setidaknya ada pemikiran yang tertuang lewat tulisan. Deretan kalimat tersebut dapat menjadi harta tidak ternilai bagi anak cucu kelak.

Tiga, ingin berbagi pengalaman.

Baik itu cerita yang inspiratif, duka, hingga komedi. Buku dapat menjadi diary yang dibaca oleh siapa saja. Sekaligus menceritakan kembali mengenai peristiwa yang dapat dipetik hikmahnya. Bagi penulis, ada ketenangan batin bila perasaannya tertuang berbentuk tulisan.

Empat, menulis untuk mendapatkan uang.

Penulis dapat menjadi profesi yang menarik bagi masyarakat. Hasil karya yang mendapatkan apresiasi dalam bentuk materi. Contohnya, dari royalti buku, honor pemuatan tulisan di majalah atau surat kabar, hingga uang naskah beli putus dari penerbit.

Lima, tidak jarang justru motivasinya agar dikenal sebagai penulis.

Bagi beberapa orang, mendapatkan pengakuan sebagai penulis merupakan tujuan menulis. Penulis bukan sekedar label tetapi nama pekerjaan yang dapat dilakukan secara profesional.

Jadi, ketika rasa malas menulis datang, segera ingat motivasi Anda menulis. Agar, kelak semangat menulis lagi. Selain itu, usahakan punya target harian menulis lalu catat di Amazing Giant Calendar. Dengan adanya target harian, Anda akan termotivasi untuk mencapai target tersebut. Tidak perlu banyak, target bisa berupa menulis 1 halaman per harinya. Atau, mungkin bagi Anda masih susah menulis 1 halaman per hari, bisa membuat target setengah halaman setiap harinya. Jika konsisten, maka dari setengah halaman setiap hari kelak tidak terasa bisa menjadi naskah buku lengkap.

Amazing Giant Calendar sangat direkomendasikan bagi pebisnis, penulis, dan profesi apapun agar produktif. Pasalnya, mendorong pemilik kalender mencari ide harian dan bisa dikaitkan dengan momen hari tersebut. Informasi mengenai Amazing Giant Calendar bisa KLIK DI SINI.

Jadi, apakah Anda juga tertarik kelak dipanggil sebagai penulis? Buat target menulis harian Anda di Amazing Giant Calendar.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: