Belajar Marketing Online buat IRT yang Berbisnis

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan. Semua tips tersebut juga bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga (IRT) yang berbisnis dari rumah. Selain itu, berbisnis online juga harus mengandalkan marketing di dunia maya. Berikut ini cara optimasi media online untuk berjualan dari rumah.

Yang pertama adalah facebook personal (FB)

Meski sebenarnya tim FB membuat FB personal bukan untuk jualan, tapi Anda tetap bisa berjualan. Tentu saja berjualan secara “halus” sehingga tidak terlihat jelas kalau Anda tengah berpromosi. Sangat dianjurkan Anda mengisi status dengan tek nik copywriting, yaitu bercerita tapi ada selipan promosi produk atau jasa.

Yang kedua adalah fanpage di facebook (FP)

Jika di FB personal memang dilarang jualan, karena tim FB punya fitur khusus berjualan yaitu FP. Nah, di FP ini Anda boleh hard selling, tapi tetap lebih banyak soft selling seperti memberikan tips yang disukai oleh target market, hingga sesekali mengadakan give away.

Yang ketiga adalah blog

Mengapa harus rutin menulis di blog? Kayaknya sekarang konsumen lebih sering mengakses media sosial? Tapi, ternyata konsumen masih suka mencari produk atau jasa lewat gooling dahulu. Nah, mesin pencari tersebut lebih cepat mengidentifikasi blog Anda, dari pada media sosial. Jadi, konsumen yang gooling akan bertemu blog Anda.

Yang keempat adalah telegram

Telegram sudah media apliaksi chatting yang banyak diunduh karena punya banyak kelebihan dari pada WA, meski pengguna WA memang masih lebih banyak. Tapi, Anda bisa menggunakan fitur seperti grup telegram yang anggotanya bisa banyak, hingga channel untuk sharing sekaligus berjualan yang secara “halus” tentunya ya.

Yang kelima adalah whatsapp (WA)

Aplikasi chatting ini memang awalnya untuk berkomunikasi, tapi juga bisa untum menjalin shilaturahmi dengan calon konsumen. Anda bisa memaksimalkan fitur status WA dengan berbagi tips, menggunakan fitur broadcast tapi isinya sharing jadi tidak akan kena block, hingga grup WA sebagau “kolam pelanggan” Anda agar lebih mudah memberika edukasi seputar produk atau jasa Anda.

Untuk melakukan optimasi WA sebenarnya sangatlah mudah, karena di BOW (Bimbingan Optimasi WA) memang didesain bagaimana memaksimalkan WA untuk berjualan khusus kalangan perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT) yang berbisnis. Kaum perempuan yang suka mengobrol (baik offline dan online) itu bisa menjadi cara berpromosi yang asyik.

BOW adalah salah satu training dari Indscript yang 100% praktek. Pasalnya pebisnis perempuan memang harus didorong untuk langsung praktek setelah mendapatkan ilmu agar berdampak di bisnisnya. Informasi mengenai training BOW bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: