Bagaimana Menerbitkan Buku Melalui Agensi Naskah

Apa yang Anda lakukan jika ingin menerbitkan buku? Tentunya Anda akan memasukkan naskah buku Anda ke penerbit yang sesuai dengan genrenya. Namun seringkali penulis, khususnya para penulis pemula, sulit mendapatkan informasi mengenai penerbit yang cocok dengan naskahnya, atau tidak tahu di mana terdapat peluang-peluang untuk menerbitkan naskah. Di sinilah peran agensi naskah yang dapat memfasilitasi penulis untuk menyalurkan naskahnya menjadi buku. Berikut ini adalah ulasan bagaimana menerbitkan buku melalui agensi naskah.

Pada dasarnya, agensi naskah memiliki dua fungsi. Bagi penulis, agensi naskah dapat memfasilitasi penulis untuk menemukan penerbit yang sesuai dengan naskah yang ditulis. Sedangkan bagi penerbit, agensi naskah merupakan sumber naskah-naskah untuk diterbitkan, untuk memenuhi target penerbitan perusahaan tersebut. Seorang penulis, terutama penulis pemula, yang tidak ingin direpotkan untuk mencari informasi peluang menulis dan menerbitkan buku, dapat mempelajari bagaimana menerbitkan buku melalui agensi naskah.

Agensi naskah dapat bekerja dengan dua cara. Cara pertama, penulis menyerahkan naskahnya kepada agensi naskah, dan agensi naskah akan mencarikan penerbit yang sesuai untuk menerbitkan naskah tersebut. Cara kedua, penerbit memberikan daftar topik buku yang akan diterbitkan, kemudian agensi naskah mencari naskah jadi yang sesuai, atau mencari penulis yang berminat menulis naskah dengan topik tersebut. Setelah naskah diterima oleh agensi naskah, agensi naskah akan memeriksa naskah apakah sudah sesuai dengan kualifikasi dan kriteria yang ditetapkan oleh penerbit. Jika masih ada yang belum sesuai, agensi naskah akan meminta penulis untukย  merevisi naskah hingga sesuai dengan permintaan penerbit. Agensi naskah juga bisa melakukan editing, membuat layout, serta mendesain cover, sehingga penebit tinggal menerbitkan naskah yang sudah matang.

Setelah naskah diterima oleh penerbit, proses bagaimana menerbitkan buku melalui agensi naskah tidak berhenti di sini. Pada tahap ini, agensi naskah bertindak sebagai wakil penulis untuk mengurus aspek hukum dari penerbitan buku, termasuk di antaranya masalah kontrak dan pembayaran. Agensi naskah juga akan memberikan saran-saran kepada penulis bagaimana cara memasarkan bukunya, khususnya apabila pembayaran naskah buku tersebut dengan royalti. Untuk pembayaran jasanya, agensi naskah akan mengamtbil persentase dari pembayaran penerbit kepada penulis, baik pembayaran dengan royalti maupun jual putus. Oleh karena itu, perlu adanya kepercayaan dan transparansi antara penerbit-agensi naskah-penulis, agar tidak ada pihak yang dirugikan dalam masalah pembayaran naskah.

Indscript Creative sendiri ingin memudahkan bagi siapa saja yang jadi penulis, termasuk lewat training menulis. Anda bisa mendapatkan informasi produk Indscript DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.