Bagaimana Cara Belajar Menulis Buku bagi IRT?

Banyak orang, termasuk kalangan ibu rumah tangga (IRT), yang mengaku ingin menuangkan pikiran lewat buku, tetapi merasa tidak sempat menulis. Asal Anda tahu, sebenarnya setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda saat produktif menulis. Solusinya adalah Anda sendiri yang harus mengenali kapan waktu yang tepat untuk menulis. Untuk mengenalinya, bisa mencoba tips berikut ini.

Jika Anda belum menyadari soal waktu tepat untuk menulis, maka coba menulis saat pagi, siang, sore, malam, bahkan kalau perlu mencoba tengah malam atau pagi buta.

Tidak perlu menulis selama 24 jam nonstop untuk mengenalinya. Bisa dengan hari pertama menulis di pagi dan sore hari, sedangkah hari berikutnya siang dan malam hari.

Lalu kenali kapan Anda merasa lancar mengetik.

Berarti Anda harus memilih waktu tersebut untuk rutin menulis. Sebagai contoh, Anda merasa lancar menulis di pagi buta karena suasana yang sepi. Maka, maksimalkan waktu tersebut hanya untuk menulis, tanpa melirik timeline facebook, tidak sambil chatting, dan aktivitas lain yang bisa mengganggu produktifitas.

Selain mencoba menulis di waktu tertentu, Anda juga dapat memilih waktu menulis saat santai.

Contohnya, lebih bebas menulis saat anak sekolah, atau menulis hanya Sabtu dan Minggu karena suami libur jadi bisa membantu mengurus anak. Jadi, Anda tidak harus menjajal menulis dari pagi buta hingga tengah malam lagi.

Namun, kapanpun waktu Anda menulis, harus memaksimalkan kesempatan tersebut dan bersikap konsisten. Baik itu di pagi hari sebelum beraktivitas, atau siang hari ketika jam istirahat kantor, bahkan memilih malam hari karena bisa konsentrasi.

Agar konsisten, catat jadwal menulis Anda dan kegiatan IRT lainnya atau membuat manajemen waktu. Anda hanya mengikuti panduan di E-BOOK MANAJEMEN WAKTU dari Indscript Creative yang bisa di-download secara GRATIS ini.

DOWNLOAD SEKARANG

Jadi IRT sekaligus penulis? Banyak kok! Kalau mereka bisa, Anda tentu juga bisa. Nah, tunggu tips menulis atau bisnis lainnya dari kami, ya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com