Aturan Memulai Bisnis Online

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru, karena kebiasaan tersebut terlihat sederhana tapi bisa membuat Anda mengembangkan bisnis dan bisa dilakukan di dalam rumah. Selain itu, bagi yang berbisnis dengan teman tetap harus memiliki aturan tersendiri agar tidak terjadi perselisihan di kemudian hari.

Yang pertama adalah jangan pakai hati terus.

Misalnya, karena nggak enak hati, jadinya ketika teman ada salah, ya Anda diam saja. Itu tidak boleh dan harusnya tetap profesional dengan memberi tahu kesalahan teman. Tapi, Anda tetap boleh pakai hati ketika teman ada masalah, maka bisa kasih sedikit kelonggaran mengurus bisnis.

Yang kedua adalah buat rencana bisnis terlebih dahulu.

Jangan asal, ah, pokoknya mulai berbisnis saja dulu karena nantinya malah mungkin Anda yang lebih banyak bekerja keras atau sebaliknya. Jadinya buat rencana bisnis agar tahu Anda harus melakukan apa dan teman yang melakukan apa. Rencananya bisa bersifat “kasar” saja dan bisa diperbaiki sambil jalan nantinya.

Yang ketiga adalah pegang komitmen.

Anda dan teman harus sama-sama berjanji untuk memegang komitmen. Tujuan kerja sama adalah ingin mengembangkan bisnis bersama-sama, saling menguatkan ketika ada yang lelah, saling memberi masukan ketika membutuhkan ide. Ketika ingin marah, ingat komitmen Anda untuk sama-sama bergerak agar bisnis bisa berkembang, kan?

Yang keempat adalah bersikap saling mencari solusi.

Intinya, dalam berbisnis pasti akan berhadapan dengan masalah, meski Anda berbisnis bersama teman juga tetap sama. Tapi, yang harus Anda dan teman lakukan adalah mencari solusi, bukan mencari siapa yang salah. Penting juga tahu siapa yang salah agar dia mau berubah, tapi tetap fokus mencari solusi.

Yang kelima adalah ada privasi.

Sedekatnya Anda dengan teman, tetap ada batasan yaitu privasi masing-masing dan Anda harus hargai hal tersebut. Tapi, ada 1 hal penting dalam berbisnis yaitu promosi, sehingga bisa cari cara promosi yang tepat bersama teman Anda. Salah satunya dengan metode LAAF.

Suka nyetatus atau chatting di facebook? Tahu nggak kalau dari facebook personal bisa mendatangkan closing? Semua akan dipelajari di Learn All About Facebook (LAAF) dari Indscript, karena akan belajar nyetatus asyik, branding, follow up di FB, dan bonus materi lainnya. Soalnya, jualan di FB itu butuh konten dan flyer tersendiri biar bikin teman FB nggak terasa digiring buat beli jualan Anda. Tenang, triknya juga cocok buat kalangan ibu rumah tangga (IRT) karena mudah banget.

Informasi mengenai training LAAF bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.