Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis

Walau menjadi ibu rumah tangga (IRT) tentu menyandang banyak tugas. Selain itu, para IRT mengaku masih ingin melakukan hobinya, seperti berkebun, membuat kue, menjahit, hingga ingin mengembangkan potensinya, misalnya menjadi penulis, berbisnis online. Tentu saja itu bukan hal yang mustahil. Asal, punya manajemen waktu. Lemih mudahnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Satu, memilih ingin produktif di bidang apa.

Ada IRT yang mengaku nggak punya waktu buat aktivitas produktif. Pasalnya, Anda meresa sudah repot mengurus keuangan, kebutuhan barang seluruh anggota keluarga, asupan makanan, kebersihan rumah, hingga mengantarkan anak-anak ke sekolah. Padahal, coba lihat, Anda masih bisa melakukan kegiatan santai, seperti ngobrol dengan tetangga atau menonton televisi, kan? Sebenarnya boleh saja melakukan kegiatan santai. Tapi, kenapa tidak mengisi waktu tersebut dengan hal produktif? Seperti berbisnis atau menulis. Untuk itu, pilih satu kegiatan produktif dulu dan fokus mengembangkan potensi di bidang itu dahulu.

Dua, jangan lupa suami dan anak-anak.

Menjadi IRT terkadang merasa waktu 24 jam tiap hari itu kurang. Bahkan, suami dan anak-anak pernah protes karena Anda katanya kurang memberi perhatian. Nah, mulai sekarang, punya waktu khusus buat suami dan anak-anak, ya. Misalnya, membuatkan secangkir teh di malam hari lalu mengobrol santai saat anak-anak sudah tidur, atau bermain dengan anak-anak tanpa memegang HP sama sekali.

Tiga, catat semua tugas Anda sehari-hari.

Menjadi IRT sering merasa banyak sekali pekerjaan rumah sampai tidak tahu harus melakukan yang mana dahulu. Dengan adanya jadwal harian, akan memudahkan Anda tahu, jam sekian harus melakukan pekerjaan yang mana dulu. Selain itu, tahu jam berapa harus selesai sehingga membuat menjalani waktu dengan lebih efektif dan efisien.

Empat, pastikan punya waktu untuk diri sendiri.

Tahu kan kalau ibu bahagia maka suami dan anak-anak akan tertular kebahagiaan tersebut? Tapi, menjadi IRT kerap rentan lelah secara fisik dan psikis. Maka, pastikan Anda punya waktu khusus untuk diri sendiri. Anda bisa sekedar minum kopi tanpa diganggu anak-anak, membaca buku, atau berkebun.

Lima, catat dan pajang kegiatan harian Anda.

Buka aja DAILY ACTIVITIES FOR MOM, terus isi kolom aktivitas harian secara detail. Ada juga jadwal kegiatan khusus bersama anak, dan jadwal khusus bersama pasangan. Jadi, Anda tidak akan lupa tugas sebagai istri dan ibu. Apalagi dijual sepaket dengan spidol (non-permanen) untuk menuliskan aktivitas. Jadi, penggunaannya bisa berulang kali karena jadwal yang ditulis bisa Anda hapus kembali. Irit!

Belum punya manajemen waktu? Indscript Creative memberikan rahasia cara membuat manajemen waktu. Anda cukup mengikuti panduan di E-BOOK MANAJEMEN WAKTU dari yang bisa di-download secara GRATIS ini.

DOWNLOAD SEKARANG

Dengan manajemen waktu, membuat tugas mengurus rumah dan keluarga beres, sekaligus masih punya waktu juga buat mengembangkan potensi lainnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com