Artikel Ini Khusus Buat Mompreneur Indonesia

“Gimana sempat berbisnis? Mengurus rumah dan keluar aja kayaknya nggak ada habisnya.”

“Pengen sih kayak ibu rumah tangga lainnya, masih bisa berbisnis.

Beberapa para IRT mengaku dua hal di atas. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Padahal, yang perlu Anda ketahui adalah menemukan “kunci” menjadi mompreneur, yaitu membuat manajemen waktu. Antara lain memasukkan empat hal di bawah ini:

Satu, buat jadwal khusus untuk mengurus rumah.

Anda harus mencatat semua pekerjaan rumah tangga, seperti belanja, memasak, menyapu, mencuci, menyetrika, dan lainnya. Lalu, masukkan jam berapa dan sampai jam berapa Anda akan melakukan tugas tersebut satu per satu.

Dua, buat jadwal berisi waktu untuk mengurus keluarga.

Tugas IRT selanjutnya adalah mengurus suami dan anak-anak. Catat pula jam berapa waktunya suami serta anak-anak sarapan, makan siang, dan makan malam. Selain itu, luangkan waktu khusus untuk bermain dengan anak, serta ngobrol santa dengan suami. Tujuannya agar anak-anak dan suami tetap memiliki quality time dengan Anda.

Tiga, buat jadwal khusus untuk diri sendiri.

Ketika Anda sudah punya jam-jam khusus sebagai IRT, maka waktu lain bisa digunakan untuk diri sendiri. Contohnya: me time sederhana, yaitu dengan minum teh sendirian ketika anak-anak sudah tidur, maupun berbisnis. Dengan cara ini, Anda tetap bisa mengelola bisnis dari rumah sembari mengurus rumah dan keluarga.

Empat, buat jadwal berisi waktu untuk ibadah.

Jangan lupa, masukkan jadwal khusus untuk ibadah, karena merupakan hal yang wajib dilakukan jika ingin bisnis dan urusan tugas IRT menjadi lancar.

Dengan mengatur jadwal terlebih dahulu, Anda akan tahu apa yang harus dilakukan pada jam sekian hingga jam sekian.

Apalagi Indscript Creative juga akan membagikan panduan di E-BOOK MANAJEMEN WAKTU dari yang bisa di-download secara GRATIS ini.

DOWNLOAD SEKARANG

Menjadi IRT sekaligus berbisnis? Bisa banget, asal punya manajemen waktu dan patuhi jadwal harian yang sudah dibuat, ya. Tunggu artikel kami berikutnya soal dunia IRT. Tetap semangat!

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com