Apa yang Harus Dilakukan Setelah Mendapatkan Kartu Nama Pebisnis?

Jika artikel sebelumnya yang berjudul Langkah-langkah Memulai Bisnis dari Nol yang Harus Diperhatikan oleh Pebisnis, maka hal lain yang harus Anda pelajari adalah soal kartu nama. Kartu nama adalah salah satu barang penting bagi para pelaku usaha. Terlebih bila Anda tengah berada di acara yang dihadiri oleh banyak pebisnis dari berbagai kalangan. Momen tersebut dapat digunakan untuk saling bertukar kartu nama sebagai daftar link bisnis. Lalu, bagaimana cara memaksimalkan koleksi kartu nama pebisnis yang sudah Anda miliki?

Langkah pertama adalah terus menyimpan berbagai kartu nama yang pernah Anda dapatkan.

Walau saat ini Anda merasa belum membutuhkan kontak pebisnis lain, bisa jadi suatu saat justru tanpa terduga terjadi sebaliknya. Ada baiknya Anda sudah memisahkan kartu nama berdasarkan bidang bisnis, atau abjad nama depan, dan lainnya, agar memudahkan ketika proses mencari kartu nama kelak.

Selanjutnya, Anda dapat mengirimkan email secara berkala.

Hal ini membutuhkan teknik penulisan yang menarik sehingga tidak tergolong spam. Isi email bisa menjelaskan mengenai produk atau jasa Anda, ajakan kerja sama yang berkaitan dengan bidang bisnis pebisnis tersebut, dan yang lainnya. Tahapan kedua ini tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan penolakan, tetapi jangan pantang menyerah.

Berikutnya adalah follow akun media sosial.

Dalam kartu nama, juga dicantumkan informasi link jejaring sosial pebisnis tersebut. Ada baiknya Anda menyapa lewat dunia maya juga. Katakan sekilas mengenai Anda dan bisnis, serta kapan bertemu dengan pebisnis tersebut.

Siapa tahu, salah satu dari pebisnis yang Anda miliki kartu namanya, membuka peluang mentoring bisnis. Anda harus ambil kesempatan emas tersebut untuk mendapatkan banyak ilmu bisnis. Agar mudah diingat, mencatat hal-hal penting saat belajar bisnis di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Jadi, simpan kartu nama pebisnis baik-baik.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com