Apa Itu Target Pasar dan Bagaimana Mengetahuinya

Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat

Seperti di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Ide Bisnis Kreatif dan Unik bagi Ibu Rumah Tangga¸ maka Anda sudah punya bayangan akan berbisnis produk atau jasa tertentu. Selanjutnya, untuk memudahkan Anda menjualkan produk atau jasa, wajib mengetahui siapa target pasar Anda yang tepat. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

Satu, kenali definisi target pasar.

Sebelumnya, apakah Anda sudah tahu apa itu target pasar? Yaitu, orang-orang yang kemungkinan besar mau membeli atau tertarik dengan produk atau jasa Anda. Selain menggunakan istilah “target pasar”, ada juga yang menggunakan kata “target market”. Intinya sama, yaitu calon konsumen yang potensial menggunakan produk atau jasa Anda.

Dua, sebaiknya karakter target pasar itu sama dengan Anda sendiri.

Misalnya gini, Anda adalah ibu rumah tangga (IRT) yang suka belajar bisnis dari rumah, yang suka menggunakan pakaian stylis dan syar’i. Maka, sebaiknya pilih target market itu juga agar memudahkan Anda mengenali apa yang mereka inginkan.

Tiga, posisikan diri sebagai konsumen.

Setiap akan melakukan program promosi, atau membuat inovasi, atau produk hingga jasa baru, pastikan Anda memosisikan diri sebagai konsumen. Dengan begitu, hasil inovas atau program bisnis hingga promosi itu akan lebih mudah diterima oleh target pasar Anda. Pasalnya, Anda menghasilkan inovasi, program, atau promosi yang memang disukai oleh mereka.

Empat, tahu di mana target pasar berada.

Keuntungan Anda tahu siapa target pasar Anda, atau karakter target market Anda juga seperti Anda sendiri, maka akan lebih mudah mengetahui di mana bisa mencari mereka. Misalnya, Anda adalah IRT yang suka gamis stylish dan syar’i, maka bisa jualan di komunitas muslimah yang rata-rata suka gamis stylish dan syar’i.

Lima, tahu apa yang membuat target pasar tertarik dengan produk atau jasa Anda.

Ketika Anda memilih target pasar adalah karakter yang sama dengan Anda sendiri, maka akan memudahkan Anda berjualan. Tahu trik promosi seperti apa yang bisa menarik Anda sendiri, dan tentu bisa membuat calon konsumen tertarik juga.

Enam, buat data target pasar Anda secara detail.

Anda bisa mencatat jenis kelaminnya apa, rentang usia pembeli itu dari berapa tahun sampai berapa tahun, aktivitas sehari-hari mereka apa, penghasilan per bulan berapa sehingga tidak keberatan dengan harga produk Anda, domisilinya di mana saja, dan masih banyak lagi.

Untuk memudahkan Anda berbisnis, bisa menggunakan superboard. Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.