Apa Itu Jasa Copywriting?

Bagi sebagian orang, istilah copywriter mungkin sering terdengar dan tampak β€œbeken”. Akan tetapi, faktanya, banyak yang belum mengetahui apa itu copywriter dan juga apa itu jasa copywriting. Padahal sekarang, bidang ini semakin berkembang.

Copywriting adalah aktivitas menulis untuk tujuan menjual atau memasarkan produk, bisnis, atau ide. Aktivitas ini dilakukan oleh copywriter. Jadi, copywriting bukan hanya menulis, namun ada tujuan khususnya, yakni untuk promosi. Itulah mengapa copywriter juga sering disebut sebagai salesman in print. Copywriter bisanya menulis copy sales, sales letter, iklan, atau menulis untuk media marketing seperti billboard dan brosur.

Terkadang, copywriter juga menulis untuk website komersial guna mengoptimalkan pencarian dalam mesin pencari, atau yang biasa kita sebut SEO. Karena perannya ini, copywriter terkadang disalahartikan sebagai content writer, atau jurnalis, bahkan reporter. Padahal, mereka jelas berbeda. Copywriter harus memiliki kreativitas untuk membuat sebuah tulisan atau materi yang catchy, mudah diingat namun sulit dilupakan, profesional, namun persuasif atau mengajak pembaca melakukan seperti yang dikehendaki penulis.

Menyerupai copywriting, jasa copywriting adalah bisnis yang menyediakan jasa penulisan dan editing untuk bisnis dan organisasi dalam memasarkan produk. Karena merupakan sebuah jasa atau servis, cakupan layanannya pun lebih luas. Ia tidak hanya menulis dan mengedit, tapi juga bisa membentuk branding, menulis advertorial, pidato, menulis skrip iklan, hingga menulis buku. Maka, tak mengherankan bila kita menemui penerbit yang menggunakan jasa copywriting.

Jasa copywriting bisa bekerjasama dengan sebuah bisnis secara fulltime ataupun part time. Tim jasa copywriting ini bisa bekerja di tempat yang berbeda, bisa juga bekerja bersama di kantor Anda. Berbeda dengan copywriter, biasanya jasa copywriting ini menawarkan layanan yang lebih komplet dibandingkan copywriter.

Bila kita simpulkan, jasa copywriting adalah sebuah layanan penulisan dan editing untuk bisnis dan organisasi guna memasarkan produk, ide, dan bisnis, serta membangun image atas produk, ide, dan bisnis tersebut. Wujud dari layanan ini beragam sehingga pengguna jasa ini pun beragam, bisa dari personal hingga bisnis atau perusahaan besar.[]