Anda Ingin Menjadi Penulis? Lakukan 5 Riset Berikut Ini

Riset dalam melakukan penulisan adalah poin penting agar hasil tulisannya kian maksimal. Apalagi kini banyak jalur yang dapat Anda pilih untuk melakukan riset, baik offline maupun online. Setelah di artikel sebelumnya berjudul 5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Ingin Kirim Artikel Dapat Uang, maka selanjutnya membahas soal riset penulisan. Lalu, apa saja yang harus Anda lakukan dalam riset penulisan?

Satu, membaca tulisan mengenai hal yang berkaitan dengan naskah. 

Antara lain membaca berbagai judul buku, maupun hasil googling di internet. Sebagai contoh, Anda akan menulis mengenai tips berbisnis, dapat membaca buku bisnis yang sudah terbit dan mencari informasi lewat blog, website, hingga youtube. Begitu pula ketika Anda akan menulis tema lainnya.

Dua, jika Anda ingin menulis novel, maka amati karakter orang-orang di sekitar sebagai riset tokoh.

Khusus untuk Anda ingin menulis novel, dapat memilih karakter fisik dan sifat tokoh berdasarkan teman yang dikenal. Pasalnya, bisa memudahkan Anda mendalami tokoh. Tujuannya, Anda bisa menulis sosok sang tokoh dalm bersikap dan berkata sesuai dengan kenyataan.

Tiga, coba melakukan riset dengan mendatangi lokasi seting naskah.

Andai Anda akan menulis novel yang berlangsung di Pulau Belitung, ada baiknya Anda juga mendatangi lokasi tersebut agar mengenal dengan baik soal pemandangan, udara, serta hiruk-pikuk aktivitas di sekitarnya. Ada baiknya lagi, Anda memilih seting di sekitar tetapi cari keunikan dari daerah tersebut.

Empat, Anda melakukan wawancara untuk melakukan riset.

Dengan tujuan mengenali sosok tokoh lebih dalam, atau mencari informasi dari para pakar, hingga sekedar mengecek data yang Anda dapatkan. Sebelumnya, gali informasi sebanyak mungkin mengenai bidang yang akan Anda tulis, agar sudah memiliki rencana pertanyaan ketika proses wawancara.

Lima, riset bisa dilakukan dengan mengingat pengalaman diri sendiri.

Riset ini umumnya untuk Anda yang akan menulis pengalaman pribadi. Ada baiknya, mencatat dan mendata terlebih dahulu pengalaman yang Anda ingat. Hal itu bisa memudahkan proses menulis di kemudian hari.

Jadi, riset umumnya dilakukan lewat membaca, melihat seseorang atau lokasi, hingga wawancara langsung. Riset dalam penulisan sangat dibutuhkan, baik apapun genre naskah yang akan Anda tulis.

Contohnya, ingin menulis buku bisnis, maka perlu membaca buku bisnis yang pernah terbit agar isinya tidak sama, googling seputar informasi bisnis, bertanya kepada pebisnis untuk kroscek. Tujuannya, kelak tulisan tersebut bisa dipertanggungjawabkan kepada khalayak.

Nah, pastikan Anda memiliki jadwal riset sebelum menulis. Untuk itu, buat jadwal menulis dahulu di Amazing Giant Calendar. Apalagi kalender raksasa sehingga hanya satu lembar besar untuk satu tahun. Anda tidak perlu bolak-balik kalender untuk melihat jadwal di bulan yang berbeda.

Dapatkan juga bonus FREE E-BOOK DAN VIDEO TUTORIAL di AMAZING GIANT CALENDAR 2018 selama masa pre-order. Untuk informasi dan pre-order, silahkan KLIK DI SINI.

Kalau sudah punya kalender 2018, lebih mudah bikin jadwal menulis, mulai riset, proses menulis, hingga publish.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com