Alur Menerbitkan Buku Lewat Indscript

Cara Menerbitkan Buku Gratis

Ada dua cara bagi penulis yang ingin menerbitkan buku. Yaitu langsung menghubungi penerbit atau melewati Indscript Copywriting. Setiap jalur tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pun mempunyai tahapan yang tidak sama. Bagi Anda yang tertarik menjadi penulis Indscript Copywriting, dapat memperhatikan alurnya di bawah ini.

Langkah pertama adalah mempersiapkan outline dan contoh naskah. Lebih baik lagi sudah memiliki tulisan yang lengkap. Outline umumnya terdiri dari judul, sinopsis, keunggulan naskah dibandingkan yang pernah ada, hingga rencana jumlah halaman. Bila semua sudah siap, cukup mengirimkan ke [email protected], dengan subyek email โ€œOutline IIDNโ€. Jangan lupa, sertakan CV Anda.

Sembari menunggu jawaban dari Indscript, Anda dapat menyusun naskah yang lainnya. Bila sudah mendapatkan kepastian diterima, selanjutnya baru mengerjakan naskah sampai tuntas. Selain itu, Anda akan menerima kontrak atau Surat Perjanjian Penerbitan Buku (SPPB). Berisi janji mulai hak dan kewajiban masing-masing pihak, persen royalti, proses pembayaran, dan masih banyak lagi.

Tahap berikutnya merupakan proses editing. Baik berupa self editing dari penulis itu sendiri, maupun penyuntingan dari sisi Indscript. Anda dapat mengirimkan naskah yang sudah jadi ke Indscript. Berikutnya akan mendapatkan catatan koreksi dari editor Indscript. Itu artinya waktu Anda untuk memperbaiki. Begitu juga seterusnya sampai naskah sudah final lalu meluncur ke penerbit.

Bila naskah sudah sampai di tangan penerbit, Anda cukup menunggu. Rentang waktu tersebut dapat digunakan untuk menulis ide lain kembali. Sepanjang menunggu proses cetak, akan ada waktu untuk proofread, memilih desain cover, atau mengintip lay out buku. Selepas buku terbit, Anda akan mendapatkan bukti terbit dari Indscript. Seiring dengan karya yang sudah terjual lewat toko buku.

Keuntungan menerbitkan buku lewat Indscript adalah pendampingan secara maksimal. Khususnya bagi calon penulis yang belum memiliki pengalaman.ย Indscript Creative sendiri ingin memudahkan bagi siapa saja yang ingin menjadi penulis. Anda bisa mendapatkan informasi produk Indscript DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.