8 Contoh Promosi Barang Lewat Tulisan

Di artikel sebelumnya yang berjudul Strategi Promosi Melalui Media Sosial Berupa Konten, ditekankan perlunya promosi lewat tulisan. Pasalnya, banyak tulisan yang mampu menggiring pembaca agar menjadi konsumen. Naskah tersebut sebenarnya iklan secara “halus” dengan tujuan menaikkan angka penjualan. Lalu, tulisan di mana saja yang dapat menaikkan angka penjualan?

Satu, miliki website lalu isi konten dengan gaya bercerita.

Di website, sertakan profil perusahaan, siapa saja tim dan masing-masing kualitas di dalamnya, pencapaian yang pernah diraih oleh tim sendiri atau atas nama perusahaan, dokumentasi kegiatan dan liputan, hingga cerita mengapa perusahaan tersebut berdiri.

Dua, mengelola blog perusahaan dengan tepat.

Pilihlah tema tulisan yang masih satu bidang dengan dunia bisnis Anda. Sebagai contoh, produk Anda adalah kosmetik, maka dapat memberikan tips seputar dunia kecantikan. Selanjutnya, selipkan informasi produk Anda sebagai solusi secara singkat.

Tiga, mengisi konten media sosial sebagai media promosi secara softselling.

Saat ini, hadirnya facebook, instagram, twitter, dan berbagai media sosial lainnya dapat menjadi wadah promosi. Yang diperlukan adalah membuat konten yang informatif dan menarik.

Empat, menulis press release secara menarik.

Salah satunya dengan mengirimkan tulisan ke beberapa media cetak agar makin banyak pembaca yang mengenal bisnis Anda. Buatlah tulisan inspiratif mengenai sosok Anda, mulai bagaimana mengawali bisnis, apa saja penghargaan bergengsi yang sudah diraih, hingga masalah dan solusi yang kerap dihadapi selama berbisnis.

Lima, membuat dan mengirimkan email blast kepada pihak-pihak yang tepat. Isi email memberi edukasi mengenai pentingnya produk atau jasa Anda, bukan terlihat spam yang otomatis akan masuk ke daftar trash email.

Enam, secara konsisten membuat newsletter buat pelanggan dan calon konsumen yang potensial.

Isi newsletter tersebut tentu bukan sekedar promosi, tetapi memberi informasi yang dibutuhkan oleh penerima, sekaligus memberi informasi soal produk sebagai solusi.

Tujuh, membuat konten brosur sesuai dengan karakter konsumen. Memilih tulisan di dalam satu lembar promosi tentu tidak mudah karena ruang menulis yang terbatas. Anda harus memilih informasi apa saja yang layak ditulis. Antara lain pentingnya produk Anda di masa kini, inovasi produk sehingga tampil berbeda, serta pusat informasi bagi pelanggan.

Delapan, bekerja sama dengan blogger agar menuliskan mengenai Anda dan produknya.

Saat ini, kalangan blogger kerap dilirik oleh berbagai perusahaan untuk menyebarkan informasi mengenai sebuah usaha. Tentu saja, ada baiknya memilih blogger yang menggunakan produk Anda lalu menuliskan testimoni usai menjadi pengguna, agar terlihat tulisannya keluar dari hati.

Agar delapan hal di atas bisa terlaksana semua, sebaiknya memiliki jadwal kapan harus melakukannya dan targetnya berapa? Misalnya, setiap hari harus menulis di blog, lalu catat jika sudah melakukannya atau tidak di Metrik Pencapaian. Metrik Pencapaian adalah modul yang sudah melalui uji coba setahun dan terbukti membawa pemiliknya bisa meraih target. Semakin Anda ingin melesatkan omset bisnis, semakin cepat membutuhkan modul untuk mendapai target. Informasi mengenai superboard (Metrik Pencapaian) bisa KLIK DI SINI.

Siap melakukan 8 hal di atas?

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com