1

7 Hal Penting Dalam Menulis Novel

Anda ingin menulis novel? Tahukah dalam menulis novel perlu mempertimbangkan tujuh hal? Setelah artikel cara menjadi penulis buku bagi ibu rumah tangga di artikel klik sini, kini ada artikel seputar menulis novel. Coba kenali apa 7 hal yang harus diperhatikan saat menulis novel.

Satu, ada pesan yang ingin disampaikan. 

Jadi, pembaca bisa mendapatkan hikmah setelah membaca novel Anda. Pesan tersebut bisa berupa pelajaran hidup. Tapi, sampaikan dalam bentuk cerita ya, bukan tulisan pesan semata. Misalnya, pelajaran hidup bagaimana remaja menghadapi masalah keluarga, sehingga pembaca yang juga remaja tahu dan bisa mempraktekkan dalam kehidupannya sendiri.

Dua, salah satu bagian penting dalam menulis novel adalah tokoh.

Ciptakan tokoh secara lengkap agar karakternya menonjol dalam cerita. Sebelum mulai menulis novel, Anda dapat membuat biodata masing-masing tokoh. Antara lain nama, sifatnya seperti apa, bahkan fisiknya juga dibuat terlebih dahulu. Anda dapat mencari foto yang mewakili tokoh tersebut agar memudahkan proses menjelaskan sosoknya.

Tiga, Anda harus memperhatikan alur cerita sebelum mulai membuat bab satu novel.

Anda dapat memilih alur yang lurus atau maju mundur karena menentukan akan menceritakan kejadian apa dulu. Coretan tersebut dapat membuat proses menulis novel Anda lebih lancar. Tentu saja, sekaligus dapat menghindari writer’s block selama menuntaskan novel di kemudian hari.

Empat, yang tidak kalah penting adalah membuat konflik.

Konflik semacam “bumbu” yang membuat “masakan” berupa novel tersebut menarik atau tidak. Buatlah konflik yang tidak biasa tetapi natural. Anda dapat melihat konflik yang pernah dialami diri sendiri, atau peristiwa yang dialami oleh teman, serta masalah yang muncul di berita juga dapat menjadi sumber inspirasi.

Lima, gaya bahasa.

Nah, Anda akan menggunakan gaya bahasa yang bagaimana? Apakah gaya bahasa sehari-hari? Atau bahasa gaul karena segmen pembacanya adalah pembaca? Intinya, sesuaikan dengan gaya bahasa pembaca juga, ya.

Enam, tentukan point of view (POV).

Apakah Anda menggunakan kata ganti orang pertama, yaitu memakai kata “aku” atau saya”? Atau kata ganti orang ketiga? Apapun pilihannya, harus konsisten dari awal hingga akhir naskah, ya.

Tujuh, begitu pula twist adalah hal yang krusial dalam sebuah novel.

Twist adalah kejutan yang umumnya muncul di bagian akhir cerita dengan tujuan membuat pembaca terkesan. Umumnya penulis akan mengarahkan cerita seolah karena satu hal, tetapi setelah twist tersebut muncul ternyata penyebab masalah tersebut adalah hal yang lain.

Untuk mempermudah proses Anda menyusun naskah, bisa membuat target harian lalu dicatat di Metrik Pencapaian, bisa juga membuaj jadwal khusus untuk menulis di Daily Activities for Mom, maupun memetakan mimpi. Semuanya adalah superboard yang bisa mendukung Anda meraih impian sebagai penulis novel.

Informasi mengenai superboard, silahkan KLIK DI SINI.

Jadi penulis? Bisa banget. Asal, punya target harian, punya jadwal khusus menulis, dan memetakan mimpi sejak sekarang.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 1 comments
V1D4YY - a few months ago

Artikelnya sangat bermanfaat, terimakasih ya ..

Reply

Leave a Reply: