7 Cara Menjadi Penulis Novel

Cara Menerbitkan Buku Gratis

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena sudah banyak ibu rumah tangga (IRT) yang produktif menulis dari rumah, sehingga Anda pasti juga bisa. Selain itu, ada 7 hal penting bagi Anda yang ingin menjadi penulis.

Satu. Batasan Naskah.

Sebelumnya, penulis wajib memahami perbedaan fiksi dan nonfiksi. Selain itu, juga paham makna genre dan subgenre.

Dua. Pertahankan Premis.

Poin penting dalam menulis novel adalah premis. Premis merupakan hal yang tengah tokoh perjuangkan sepanjang cerita. Premis umumnya sederhana, cukup berbentuk satu kalimat. Contoh: premis pada film Garuda Di Dadaku adalah “Bayu ingin menjadi pemain sepak bola tetapi mendapatkan penolakan dari kakek.

Tiga. Karakter Masuk Akal.

Membuat karakter novel harus masuk akal, coba perhatikan:

-Konsisten karakter. Jangan sampai karakter A di awal cerita adalah cewek kuat, tapi tanpa ada kejelasan di dalam cerita, tiba-tiba tokoh A berubah cengeng, terus berubah tegar lagi.

-Sesuai dengan usia. Perhatikan pula dalam menyusun dialog. Hilangkan subyektifitas penulis. Jangan sampai tokoh utama yang masih 13 tahun, tiba-tiba kasih ngomong layaknya kakek-nenek.

Empat. Menyusun Outline.

Usai menentukan premis, maka langkah selanjutnya adalah menyusun outline. Berisi gambaran kasar di setiap bab secara mendetail. Mulai konfliknya apa saja, tokohnya ngapain saja, dll. Apabila outline ini matang, maka penulis perlu mengembangkannya berisi narasi dan dialog di dalam nakah. Pun fungsi outline agar menghindari writer’s block.

Lima. Kosa Kata.

Agar tulisan Anda beragam, ada baiknya memiliki alternatif stok kata. Caranya? Dengan membaca buku, terkadang, Anda akan menemukan kata baru di novel tersebut. Bisa juga mengintip KBBI untuk mencari padanan kata.

Enam. Komedi

Katanya, naskah komedi adalah penulis yang tidak bermaksud melawak tetapi behasil membuat pembaca, minimal tersenyum gila, melalui kata-kata.

Tujuh. Promosi.

Tugas penulis tidak sekedar membuat naskah, tetapi menjadi marketing buku sendiri. Kemudahan akses internet membuat pembaca lebih suka menghubungi penulis langsung, berbeda pada zaman dahulu yang melalui penerbit.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.