1

7 Alasan Pentingnya Membangun Kerjasama Bisnis Tanpa Modal

Jika di artikel sebelumnya yang berjudul “10 Cara Mengatasi Penurunan Penjualan, maka salah satu solusinya adalah bisa mengajak kerjasama bisnis. Maka, artikel ini khusus untuk Anda yang ingin memperbaiki bisnis dengan berkolaborasi.

Salah satu cara dalam proses mengembangkan usaha adalah dengan mengadakan kerjasama atau kolaborasi bisnis. Kerja sama tersebut dapat dilakukan oleh dua atau lebih pelaku usaha dengan kesepakatan bersama. Dengan tujuan saling memberikan manfaat dan bersama-sama membesarkan bisnis. Berikut ini ada lima alasan bagi Anda agar segera membuat kolaborasi bisnis.

Satu, dapat menambah daftar link bisnis.

Misalnya, Anda mengadakan kerja sama bisnis dengan satu kawan, maka teman tersebut akan memperkenalkan Anda terhadap relasi bisnisnya. Hal tersebut dapat membuka pintu Anda ke arah kesuksesan bisnis.

Dua, melakukan kerjasama bisnis dapat sekaligus wadah saling belajar, antara Anda dengan partner bisnis.

Proses kerja sama tersebut membuat Anda akan cukup sering bertemu dengan sang kawan, sehingga kerap melakukan sharing ilmu dan pengalaman seputar dunia bisnis. Momen berbagi cerita tersebut juga bisa mendekatkan hubungan Anda dengan partner bisnis.

Tiga, dapat memperluas jangkauan promosi barang atau jasa.

Selama menjalani kerjasama bisnis, dapat membuat program saling menyebarkan informasi produk atau jasa antara partner bisnis. Baik itu promosi melalui mulut ke mulut, berbagi info di media sosial, dan masih banyak lagi.

Empat, bisa mendatangkan kepercayaan dari pihak luar yang baru dikenal.

Perlu diketahui, Anda harus tepat dalam memilih teman untuk program kolaborasi bisnis. Pilihlah kawan yang memiliki kredibilitas dan integritas. Hal tersebut juga memberi dampak positif bagi orang-orang di sekitarnya, termasuk Anda sendiri.

Lima, secara tidak langsung bisa meningkatkan angka keuntungan bisnis Anda.

Dampak positif tersebut adalah pengaruh dari bertambahkan jumlah relasi bisnis, ranah promosi yang lebih luas, tindakan nyata Anda berdasarkan pengalaman teman, hingga tingkat kepercayaan masyarakat yang meningkat.

Enam, kerjasama bisa berupa merekrut reseller.

Salah satu bentuk kerjasama yang bisa Anda pilih adalah merekrut reseller. Maka, buat perhitungan yang tepat untuk komisi reseller, syarat bergabung, hingga grup khusus.

Tujuh, kerjasama juga bisa berupa supplier.

Jika Anda bergabung di komunitas, maka lebih memudahkan bertemu dengan supplier. Pasalnya, dari sekian banyak anggota komunitas bisnis tersebut, pasti ada yang sudah menjadi supplier.

Sudah siap memasukkan agenda kerjasama dalam daftar program bisnis Anda? Apalagi sekarang sudah menjelang akhir tahun, Anda juga harus menyiapkan program-program di tahun depan. Untuk itu, Amazing Giant Calendar hadir agar bisa membantu Anda menyusun program bisnis. Dapatkan juga bonus FREE E-BOOK DAN VIDEO TUTORIAL di AMAZING GIANT CALENDAR 2018 selama masa pre-order. Untuk informasi dan pre-order, silahkan KLIK DI SINI.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com