6 Macam Pekerjaan Penulis yang Bisa Jadi Pilihan Tepat

Apakah Anda masih belajar menulis? Pastikan sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Lakukan Hal Ini bagi yang Belajar Menulis. Selanjutnya, tahukah dengan memiliki keahlian menulis, Anda bisa memilih berbagai profesi? Setidaknya, Anda bisa memilih 6 profesi di bawah ini yang dilakukan dengan menulis. Anda bisa memilih salah satu, atau beberapa sekaligus.

Satu, penulis buku.

Saat ini, penulis buku masih dicari oleh beberapa penerbit. Genre fiksi seperti novel pun masih dicari oleh pembaca, sedangkan genre nonfiksi tidak kalah pamornya dengan novel. Anda bisa memilih genre yang sesuai minat diri sendiri. Dengan begitu, lebih memudahkan Anda dalam menjalani proses menulis di kemudian hari.

Dua, copy writer.

Copy writer adalah penulis naskah iklan. Apalagi, iklan masa kini tidak hanya menyentuh media cetak, billboard, atau brosur. Kini banyak punya yang mencari copy writer untuk mengisi konten media sosial perusahaan. Tentu tulisannya harus bisa mengajak pembaca, secara tidak langsung, mau membeli produk atau menggunakan jasa yang diiklankan dalam tulisan tersebut.

Tiga, content writer.

Ini hampir sama dengan copy writer, yaitu menulis untuk media sosial perusahaan. Bedanya, content writer tidak berisi iklan. Tetapi informasi yang disukai oleh target market perusahaan tersebut. Misalnya, perusahaan handsock, maka content writer bertugas menulis tentang dunia fashion, khususnya handsock.

Empat, script writer.

Saat ini, banyak juga yang mencari profesi script writer. Baik itu menulis naskah untuk film, naskah untuk sinetron, FTV, iklan di televisi, iklan berupa DVD, dan masih banyak lagi. Menjadi script writer cerita tentu harus punya imajinasi yang menarik dan unik, yang membuat pembaca tidak mengira akhir ceritanya.

Lima, bloger.

Profesi bloger juga tidak kalah menariknya saat ini. Anda harus rutin mengisi blog sesuai teman blog Anda, misalnya tema parenting, atau anak muda, maupun tema wisata, dan tema apapun. Tidak jarang, perusahaan mengajak kerja sama Anda untuk memberikan review mengenai produk atau jasanya.

Enam, jurnalis.

Menjadi jurnalis harus biss menulis. Baik jurnalis media cetak, online, hingga televisi. Umumnya mengandung unsur 5W+1 H dan harusnya bersifay obyektif, dengan mewawancara beberapa narasumber.

Anda akan memilih yang mana? Catat dulu 6 pilihan profesi di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: