6 Kiat Sukses Usaha Dagang bagi IRT

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus memperhatikan satu hal ini. Artikel ini khusus membahas seputar 6 hal penting jika Anda ingin bisnisnya bisa sukses. Meski Anda berbisnis dari rumah, tetap dikelola secara profesional dengan perhatikan 6 poin ini.

Satu, ciptakan konsumen.

Sebelum menjual, Anda harus bisa menciptakan konsumen. Buat biodata secara detail seputar siapa yang akan mau membeli produk Anda. Antara lain, apakah produknya untuk laki-laki atau perempuan, berapa rata-rata penghasilan mereka agar mau membeli produk dengan harga yang sudah ditentukan, dan lainnya. Jadi, Anda punya produk dan punya target marketnya sendiri.

Dua, pelajari leadership.

Meski dikelola di rumah, meski mengelola reseller lewat online dan tanpa pernah bertemu, tetap harus belajar leadership. Ketika Anda belajar leadersehip, maka akan mempengaruhi bagaimana Anda berkata, memilih kata-kata, berkomunikasi, sehingga lebih meyakinkan. Hal ini terlihat sepele tapi penting dan berdampak positif jika Anda mulai mengasah kemampuan memimpin.

Tiga, biaya operasional.

Beberapa bisnis bangkrut karena mengaku biaya operasional yang tinggi. Maka, Anda pastikan butuh berapa orang sebagai tim bisnis Anda? Pastikan Anda memilih orang yang tepat dan jumlahnya pas, sehingga biaya operasional tidak memberatkan. Misalnya, Anda hanya butuh CS saja yang membantu mengurus order karena masih menjadi reseller.

Empat, bagaimana standar pelayanan Anda.

Meski melayani secara online dari rumah, sebaiknya Anda punya template bagaimana menghadapi konsumen lama, konsumen yang baru akan membeli, hingga konsumen yang masih bertanya dahulu. Dengan adanya template, akan memudahkan Anda berkomunikasi dan mengisi waktu dengan lebih efektif dan efisien.

Lima, perhatikan karyawan.

Jika perlu, Anda bisa mengajak karyawan untuk mengikuti trainign sesuai bidang yang digelutinya. Misalnya, Anda punya tim sales, lalu ajak tim sales untuk ikutan kelas bisnis yang dilakukan secara online. Tentu kelak bisa membuat produktifitasnya meningkat dan berdampak positif bagi bisnis Anda.

Enam, evaluasi kepuasan dari konsumen.

Anda bisa melakukan riset dengan bertanya kepada konsumen. Sediakan hadiah 1-3 buah saja bagi pemberi masukan terbaik. Anda bisa menyiapkan hadiah berupa produk yang Anda jual.

Nah, apakah selama ini Anda sudah melakukan 6 hal di atas? Sementara untuk menunjang bisnis, saat ini sudah ada Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: