6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru

Apakah Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Kebiasaan Orang Sukses Setiap Hari yang Harus Diketahui? Maka, artikel ini adalah kelanjutan dari artikel tersebut. Selanjutnya, Anda harus mengetahui kebiasaan apa saja yang kerap dilakukan oleh pebisnis, sehingga bisa mengantarkannya menuju kesuksesan. Anda bisa melakukan 6 kebiasaan berikut ini:

Satu, bersikap proaktif.

Menjadi pemimpin perusahaan tidak bisa diam dan pasrah dengan apa yang dilakukan oleh anak buah. Tapi harus memiliki jiwa bersemangat setiap saat sehingga memberi inspirasi kepada anak buah, harus peka terhadap keadaan bisnis sehingga lekas mengenali masalah sebelum terlanjur besar. Dan yang paling penting adalah segera menjadi problem solver.

Dua, fokus kepada tujuan yang ingin dicapai.

Setiap tindakan pebisnis hanya fokus untuk mencapai target yang diinginkan. Dengan begitu, Anda tidak memikirkan hal-hal negatif lainnya. Misalnya, targetnya adalah omset 100 juta per bulan, maka fokus kepada promosi dan pelayanan yang maksimal. Anda tidak memperhatikan anggapan negatif di luar sana yang seolah ragu kalau Anda bisa mendapatkan omset dengan angkat tersebut.

Tiga, berpikir optimis.

“Saya punya inovasi, tapi kira-kira konsumen tertarik atau jangan-jangan malah jelek, ya?” Hindari rasa minder tapi selalu percaya diri. Asal, Anda tidak percaya diri berlebihan. Seimbangkan percaya diri dengan ilmu lalu action dengan maksimal. Pasalnya, kerja keras Anda yang terarah itu pasti kelak membuahkan hasil.

Empat, mengerti dulu baru minta dimengerti.

Ketika ada komplain datang dari konsumen, maka dengarkan semuanya dahulu. Ketika Anda paham sebenarnya apa yang diinginkan oleh konsumen, maka lebih mudah menawarkan solusi yang bisa diterima oleh konsumen. Begitu pula terhadap karyawan. Bebaskan karyawan mengeluarkan ide, dengarkan semuanya dulu, lalu Anda bisa menyempurnakan ide tersebut yang bisa diterima oleh karyawan juga.

Lima, membuat sinergi.

Pebisnis sukses itu tahu, kalau kesuksesan bisnisnya hanya bisa terjadi karena ada kekuatan tim. Jadi, tidak ada pebisnis sukses yang seorang diri mengelola usaha tersebut. Agar membuat tim menjadi solid, Anda harus bisa membuat sinergi. Dekatkan hubungan antar-karyawan, sehingga saling memotivasi bukan saling menjatuhkan.

Enam, tentukan prioritas.

Dalam berbisnis, tentu Anda harus mengurus banyak hal. Antara lain promosi, keuangan, administrasi, dan masih banyak lagi. Tentukan mana prioritas Anda sehingga yang diurus terlebih dahulu. Lalu Anda fokus di hal itu dulu sehingga bisa mengelola bisnis dengan maksimal.

Anda bisa mencatat 6 kebiasaan penting tersebut di Agenda Remaja Prestatif, agar selalu ingat. Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com