1

5 Tujuan Copywriting yang Harus Diketahui Pebisnis

Di artikel sebelumnya yang berjudul Kiat Sukses Usaha Dagang dengan Hal Sederhana Ini, maka tips di artikel ini akan lebih detail mengapa harus berjualan dengan teknik copywriting. Tugas copywriter adalah menulis. Namun, tidak sekedar menghasilkan tulisan yang memberi informasi umum. Seperti produk atau jasanya apa, kelebihannya apa, hingga lokasi kantor perusahaannya. Copywriter justru memiliki keahlian khusus perihal mengumpulkan kata-kata yang menarik. Di bawah ini ada lima hal yang wajib diketahui soal pentingnya jasa copywriting.

Satu, menulis konten yang membuat nama bisnis Anda kian positif.

Konten materi brosur, media sosial, dan press release di media cetak adalah hal krusial. Satu kali pembaca kecewa dengan hasil tulisan, seperti terlalu banyak typo, gaya bahasa yang tidak sesuai, atau membosankan, akan memberi image negatif pada perusahaan terkait. Karena pemilihan kalimat dapat menjadi perwakilan citra sebuah bisnis.

Dua, menyampaikan pesan dengan tepat.

Copywriter dituntut untuk memiliki ide segar dalam menyampaikan pesan. Umumnya sudah melewati tahapan riset seputar seluk beluk target konsumen. Hasilnya akan memberi pengaruh kepada bagaimana cara menuliskan sebuah materi yang persuasif dan lembut. Bagi kalangan mewah pasti ingin membaca penulisan yang glamour sesuai gaya hidup mereka. Begitu juga bagi pihak yang lainnya.

Tiga, goal-nya berbeda dengan content writer.

Ada perbedaan menjadi copywriter dengan content writer. Copywriter harus menggali strategi agar berbagai artikelnya tampil berbeda dan tetap menarik. Calon target konsumen tidak mungkin membaca isi artikel yang sama untuk kedua kalinya. Di sini, copywriter membantu perusahaan lewat proaktif mencari solusi tulisan yang terus menarik. Dengan goal berupa peningkatan bisnis di kantor terkait.

Empat, menulis untuk media lain.

Selain itu, copywriter lebih memahami bagaimana menulis untuk media tertentu. Sebut saja, menulis untuk artikel di website tentu berbeda dengan press release yang tampil di media cetak. Untuk akun jejaring sosial twitter saja, ada batasan karakter kata. Copywriter akan membantu memaksimalkan fungsi media sosial lewat pemilihan kata yang tepat.

Lima, “menyatu” dengan bisnisnya.

Ada baiknya menggunakan jasa copywriting di pihak tertentu. Seorang copywriter harus mampu menyelami barang atau jasa, sehingga lebih mudah dalam menyampaikan pesan. Ketika copywriter sudah menentukan gaya bahasa, maka seterusnya akan menulis dengan cara yang sama. Konsisten bentuk penulisan ini harus dijaga, khususnya yang sudah menyatu dengan perusahaannya. Setidaknya, lebih memahami apa yang digemari oleh target konsumen.

Masih banyak alasan mengapa jasa copywriting penting dalam bidang bisnis. Sebagai salah satu alat marketing yang tidak sekedar tulisan belaka. Tetapi ada unsur ajakan yang berbalut kata-kata informasi.

Anda bisa mulai menulis copywriting dengan praktek setiap hari di status FB sambil berjualan. Agar tidak lupa, catat kegiatan “menulis status dengan teknik copywriting” di bagian to di list di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 1 comments
rani - a few months ago

apa tujuan dari copywriting?

Reply

Leave a Reply: