5 Tugas Seorang Pemilik Usaha

Di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Ide Bisnis Kreatif dan Unik bagi Ibu Rumah Tangga, maka Anda tentu sudah menentukan akan berbisnis apa. Selanjutnya, Anda harus tahu sebenarnya apa saja tugas ddari seorang pebisnis atau pemilik usaha. Setidaknya, Anda harus melakukan 5 hal di bawah ini jika ingin bisnisnya melesat.

Satu, cek keuangan bisnis.

Pastikan Anda sudah memisahkan mana uang pribadi dengan uang bisnis. sebaiknya, gunakan 2 nomor rekening yang berbeda, atau punya 2 dompet yang terpisah. Selanjutnya, Anda harus rutin menulis laporan keuangan. Antara lain, setiap pesanan dicatat uang yang masuk, selalu mencatat uang yang keluar, dan saldo akhir setiap hari.

Dua, cek promosi yang sudah dan akan dilakukan.

Seperti Anda ketahui, promosi adalah ujung tombak kelangsungan bisnis Anda ke depannya. Maka, lakukan evaluasi secara berkala, apakah promosi yang sudah dilakukan efektif atau belum? Jika ya, lalu bagaimana harus makin efektif. Jika belum, maka Anda harus mencari promosi apa yang tepat.

Tiga, cek perkembangan jaringan.

Ini khusus bagi Anda yang sudah punya tim bisnis. Jika belum, sebaiknya perlahan-lahan mulai menambah tim, karena bisnis akan bisa besar karena kerja tim, bukan Anda seorang diri yang mengelola bisnis. Setiap hari, Anda harus menyapa tim. Apa kendala mereka, lalu cari solusi berupa training yang dibutuhkan.

Empat, cek inovasi.

Salah satu cara agar konsumen selalu menjadi pelanggan Anda adalah, produk atau jasa Anda kerap mengeluarkan inovasi. Maka, buatlah inovasi secara berkala. Misalnya, sebulan sekali, atau 3 bulan sekali, atau 6 bulan sekali? Semakin sering berinovasi semakin memikat konsumen. Asal, pastikan inovasi tersebut harus dibutuhkan oleh konsumen, ya.

Lima, cek omset setiap hari.

Kenapa harus setiap hari? Agar Anda tahu pergerakan omset setiap hari itu berapa. Dari kisaran angka omset tersebut, Anda bisa membuat target omset ke depannya harus naik sedikit. Dengan begitu, perlahan-lahan Anda bisa melesatkan bisnis dan meraih target omset yang tinggi.

Ada baiknya, Anda mencatat semua hal di atas di di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com