5 Profesi Bagi yang Suka Menulis

Sudahkah Anda membaca artikel sebelumnya yang berjudul 2 Cara Menerbitkan Buku Gratis Lewat Penerbit Mayor. Selanjutnya, Anda harus tahu jika kegiatan menulis merupakan hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Lewat tulisan, dapat berbagi cerita, memberi inspirasi, hingga menyembuhkan jiwa. Namun, untuk menjadi penulis harus memiliki ilmu yang bisa didapatkan dari e-book menulis. Jika Anda sudah memiliki pengetahuan menulis, dapat mencoba lima profesi di bawah ini.

Satu, copywriter yang memang tengah banyak dicari di masa kini.

Terlebih dunia copywriting sudah merambah ke wilayah online. Anda dapat belajar dengan membuat status di media sosial yang secara tidak langsung berisi jualan produk. Jika Anda tidak menjual produk, dapat membuat naskah copywriting mengenai skill yang dimiliki sebagai promosi diri sendiri.

Dua, penulis artikel dengan mengirimkan tulisan ke surat kabar.

Setiap hari, media cetak harian tersebut membuka peluang bagi siapa saja yang ingin tulisannya dibaca banyak orang. Ada baiknya Anda mencari tema yang sedang banyak dibicarakan, atau berkaitan dengan hari-hari penting nasional maupun internasional. Tentu saja, naskahnya harus melewati seleksi redaksi.

Tiga, penulis cerita lalu mengirimkan ke majalah atau tabloid.

Buatlah cerita pendek atau cerita bersambung yang menarik agar dipilih redaksi. Untuk itu, perhatikan karakter media tersebut sebelum membuat tulisan. Pastikan kisah yang Anda tulis sesuai dengan visi misi media yang dituju.

Empat, penulis buku.

Pekerjaan Anda adalah menulis sekitar 100 halaman, mengirimkan ke penerbit, menunggu ACC dari penerbit, melakukan editing, hingga promosi ketika buku sudah terbit. Lagi-lagi, Anda harus memastikan kalau naskah tersebut sesuai dengan karakter penerbit. Contohnya, kirimkan naskah komedi ke penerbit yang pernah menerbitkan buku lucu.

Lima, blogger.

Saat ini, dari blog juga bisa mendatangkan materi. Antara lain dengan menghadiri event launching produk atau promosi jasa, menulis review produk, mengikuti lomba blog yang hadiahnya cukup menggiurkan, dan masih banyak lagi. Untuk menulis di blog, usahakan memiliki satu tema khusus, seperti parenting, masak, travelling, dan lainnya.

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat hal-hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Nah, kira-kira Anda cenderung memilih yang mana? Apapun pilihannya, tetap semangat menulis!

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: