5 Pekerjaan Penulis sekaligus IRT

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena tips tersebut bisa Anda lakukan di dalam rumah dan jika konsisten maka Anda bisa produktif sebagai penulis. Selain itu, ternyata dari aktivitas menulis itu bisa menghasilkan dan ini lima pilihan profesinya, ya:

Penulis Buku.

Yang perlu Anda lakukan adalah menulis hingga menuntaskan sebuah naskah. Soal panjang halaman, tema tulisannya, hingga tata cara pengiriman, dan lain-lain dapat membuka website penerbit. Nanti kamu bakal dapat uang DP pas buku terbit, selanjutnya royalti yang nongol tiap enam bulan.

Content Writer.

Profesi yang satu ini tampaknya lagi booming. Tugasnya membuat konten atau tulisan untuk website, twitter, blog, facebook, dan lain-lain. Baik itu media sosial milik seseorang maupun perusahaan. Ada yang dibayar per jumlah kata, atau per judul artikel, dan lain-lain.

Blogger.

Banyak perusahaan yang membutuhkan blogger untuk menyebarkan informasi produk atau jasa mereka lewat tulisan di blog. Anda bisa mendapatkan job review tersebut melalui rajin posting, aktif di komunitas blogger yang saling bagi-bagi job, hingga blogwalking biar kenal walau enggak pernah ketemu.

Resensor.

Yang satu ini, Anda harus baca buku sampai tuntas, lalu buat review mengenai isi bukunya, kemudian kirim ke media cetak. Kalau dimuat, langsung deh jumlah rekening Anda bertambah karena dapat kiriman dari pihak media. Belum lagi, beberapa penerbit kasih reward, berupa buku atau duit segar.

Copywriter.

Copywriter itu orang yang membuat naskah iklan. Tetapi, kalau tulisannya bisa muncul di website, twitter, dan fanpage facebook perusahaan. Selain itu, juga bikin email blast, company profile, profil klien, dan lain-lain. Intinya sih kebanyakan membuat tulisan bercerita (storytelling) yang menjual produk/jasa, tanpa terlihat sedang beriklan.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.