5 Manfaat Jualan di Bazar (Bagian 2)

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis. Tujuannya, Anda bisa menghindari masalah tersebut, atau jadi tahu solusinya apa ketika masalah tersebut datang. Selain itu, dalam berbisnis Anda bisa mengikuti bazar karena memang memiliki banyak manfaat. Salah 5 manfaat yang berikutnya adalah ini:

Yang pertama adalah bisa menambah jaringan bisnis Anda.

Bazar itu bisa menjadi bak magnet yang mengundang semua pihak yang terkait. Anda bisa bertemu dengan pemasok baru, investor baru, hingga media, lalu tentu saja target market, dan yang lainnya. Artinya, Anda bisa menambah jaringan bisnis sekaligus menambah database yang menjadi “harta karun” pebisnis.

Yang kedua adalah bisa mengenal potensi kompetitor.

Bazar biasanya diikuti banyak pebisnis, dan bisa saja Anda bertemu dengan pebisnis yang jualan produk sama dengan yang Anda jual, atau tergolong kompetitor. Maka, di bazar bisa membuat Anda dapat informasi dari kompetitor, seperti harga produk, produk unggulan, peralatan yang digunakan, dan lainnya.

Yang ketiga adalah peluang untuk viral bisa menjadi besar.

Saat ini, jualan yang viral memang bisa meningkatkan omzet dengan cepat, karena mereka akan penasaran dengan jualan Anda. Maka, usahakan menawarkan produk yang unik, atau bisa juga menghiasi stand bazar dengan hal menarik seperti ada spot selfie sehingga mereka mau posting di media sosial, dan lainnya.

Yang keempat adalah belajar dari target market secara langsung.

Anda bisa melihat langsung seputar bagaimana respon target market ketika mengunjungi stand Anda. Misalnya, ada yang komentar, “Ah, rasanya terlalu manis,” atau ada yang mengerutkan dahi tanda kurang suka, sehingga semua respon itu bisa menjadi bahan evaluasi selepas bazar nantinya.

Yang kelima adalah bisa berinteraksi dengan target market secara langsung.

Anda bisa bertanya bagaimana pendapat mereka tentang produk Anda. Lalu catat semua jawaban mereka sebagai bahan evaluasi. Jangan lupa, bisa berikan company profile atau kartu nama Anda, agar dibawa pulang oleh mereka.

Nah, untuk memudahkan Anda membuat promosi online memang maksimalkan akun media sosial saja. Anda cukup membuka Social Media Board for Mom (salah satu Superboard dari Indscript) lalu isi sesuai instruksi. Apalagi desain khusus Anda agar konsisten melakukan promosi. Pasalnya, promosi dengan tepat dan dilakukan setiap hari akan berdampak pada angka penjualan Anda.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com