5 Manfaat Gabung di Komunitas Bisnis

Jika di artikel sebelumnya yang berjudul Cara Bisnis Sukses yang Jarang Diketahui, maka artikel ini akan memberikan tips selanjutnya. Tahukah apapun profesi Anda harus wajib masuk di dalam komunitas sebagai salah satu kunci sukses? Begitu pula jika Anda berwirausaha wajib bergabung di komunitas bisnis. Terlebih banyak sekali manfaat bergabung di komunitas bisnis, antara lain:

Satu, Anda akan dapat banyak ilmu secara gratis saat komunikasi internal di komunitas.

Sebagai anggota komunitas tentu ada yang lebih profesional serta mau berbagi ilmu dan pengalaman soal dunia bisnis. Padahal untuk mendapatkan ilmu Anda harus merogoh kocek, seperti datang ke seminar atau mengikuti pelatihan. Sedangkan di komunitas? Biasanya gratis!

Dua, di komunitas akan bertemu dengan anggota lain, yang artinya menambah daftar teman sekaligus membuka peluang kerja sama.

Link tersebut sangat bermanfaat agar bisnis Anda kian berkembang di masa mendatang. Sebagai contoh, Anda pebisnis kerajinan tangan yang bertemu dengan pebisnis wedding organizer di komunitas, maka Anda dapat menawarkan kerja sama dengan menyediakan produk souvernir.

Tiga, yang paling menyenangkan adalah melalui komunitas bisa mendatangkan proyek.

Sebagai contoh, anggota komunitas A sedang mendapatkan banyak order souvenir yang kemungkinan tidak bisa dikerjakan semua, maka Anda dapat menawarkan bantuan dengan membuat produk souvenir dengan kualitas yang sama pula.

Empat, mendapatkan informasi lomba.

Para anggota komunitas saling berbagi informasi mengenai lomba yang menarik untuk diikuti. Jika salah satu anggota komunitas pernah menjadi pemenang lomba tersebut, akan memberikan bocoran apa-apa saja yang menarik bagi juri. Rahasia ini dapat Anda gunakan sebagai acuan untuk mengikuti lomba saat ini. Tentu saja, tips tersebut tidak akan Anda dapatkan jika tidak bergabung di komunitas.

Lima, komunitas umumnya mengadakan event.

Momen tersebut dapat Anda gunakan untuk lebih dekat dengan anggota lain. Bisa juga, di acara komunitas akan mendatangkan tokoh nasional yang susah untuk Anda temui.
Agar ilmu bisnis di komunitas tersebut mudah diingat, Anda bisa mencatat hal-hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Nah, tunggu apalagi? Segera mencari komunitas bisnis dan aktif di dalamnya. Semoga bermanfaat artikel seputar manfaat bergabung di komunitas bisnis ini. Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: