5 Langkah Mencari Media Partner agar Bisnis Berkembang

Jika di artikel sebelumnya yang berjudul Cara Bisnis Sukses yang Jarang Diketahui, maka artikel ini akan memberikan tips selanjutnya. Apapun profesi Anda, media massa dapat menjadi salah satu partner menuju sukses. Sebabnya, jangkauan pembaca media yang luas membuat Anda makin dikenal oleh masyarakat. Namun, banyak yang tidak tahu bagaimana cara berkenalan dengan pihak media. Anda dapat melakukan beberapa hal seperti berikut ini.

Satu, membuat daftar media yang potensial menjadi partner.

Contohnya, Anda adalah pebisnis kuliner, maka dapat menembak media yang bertema masakan. Jika Anda berbisnis di bidang jasa, maka dapat mencari media seputar lifestyle, fashion, perempuan, dan lainnya. Selain itu, buat juga daftar media mana saja yang memiliki rubrik profil atau sosok.

Dua, Anda dapat mengirimkan surat, email, atau mendatangi kantor media tersebut untuk kemungkinan kolaborasi.

Misalnya, Anda adalah konsultan pajak, maka dapat menawarkan menjadi penulis tetap di rubrik seputar pajak. Kompensasi yang Anda dapatkan adalah penulisan nama lengkap, profesi, website, dan data penting lainnya sebagai alat promosi secara tidak langsung.

Tiga, datang ke beberapa acara besar yang kemungkinan dapat bertemu dengan banyak wartawan.

Saat itu bisa menjadi momen berkenalan dengan pihak wartawan serta meminta kartu namanya. Jangan lupa untuk siap meluangkan waktu jika kelak Anda diminta untuk wawancara, karena kesempatan itu belum tentu datang dua kali.

Empat, Anda dapat berbagi karya, tulisan, foto pengalaman, hingga video di website atau blog pribadi.

Beberapa wartawan mencari calon narasumber melalui informasi di internet. Tidak jarang, secara tidak sengaja bertemu dengan blog Anda sehingga lekas menghubungi Anda untuk liputan.

Lima, berteman dengan wartawan di dunia maya seperti facebook, twitter, instagram, dan lainnya.

Setidaknya, wartawan tersebut akan mengetahui karya terbaru Anda yang mungkin layak menjadi berita.

Saat nama, karya, atau pemikiran Anda muncul di media, kian membuat populer sehingga membuka pintu baru menuju titik sukses. Maka, wartawan dapat menjadi partner Anda menuju titik sukses. Selamat mencoba!

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat hal-hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: