5 Langkah Melakukan Inovasi Bisnis

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus memperhatikan satu hal ini. Artikel ini menjelaskan tahapan ketika Anda ingin melakukan inovasi. Pasalnya, inovasilah yang membuat bisnis Anda bisa bertahan lama. Nah, lakukan 5 langkah di bawah ini, ya:

Satu, pilih yang mudah dilakukan.

Ketika akan berinovasi, Anda mungkin berada di titik bingung. Misalnya, Anda punya 2 atau 3 ide inovasi, tapi tidak mungkin melakukan semuanya. Jadi, Anda harus memilih, yang paling mudah Anda lakukan dulu saja. Kerjakan inovasi satu per satu, maka harus memilih satu inovasi dulu saja.

Dua, kerjakan inovasi tersebut.

Nggak perlu merasa ragu atau takut dulu. Yang penting, Anda sudah melakukan 1 dari ide inovasi tersebut. Kerjakan secepatnya juga. Yakin saja, setiap ide inovasi itu harta karun bagi pebisnis, jadi jangan biarkan disimpan tapi “ubah” menjadi tindakan agar berdampak positif bagi bisnis Anda.

Tiga, lakukan evaluasi.

Setelah inovasi diluncurkan, maka Anda harus melakukan evaluasi. Anda bisa melakukannya sekitar 3 bulan setelah peluncuran inovasi tersebut. Tapi bisa juga Anda melakukan inovasi sekitar 1 minggu. Jadi, Anda sendiri yang menentukan kira-kira kapan harus membuat evaluasi dari inovasi tersebut.

Empat, menghadapi kondisi apapun.

Ketika memutuskan terjun menjadi pebisnis, maka harus siap berada di zona yang tidak nyaman. Salah satunya tidak nyaman dari penghasilan yang tidak tetap. Nah, agar penghasilan bisa konsisten naik memang perlu inovasi. Lalu, bagaimana ketika inovasi tersrbut gagal? Ya harus perbaiki. Kalau masih bisa diperbaiki, ya jangan dihentikan begitu saja, tapi kermbangkan inovasi menjadi lebih baik.

Lima, manfaat berani berinovasi.

Ketika gagal, Anda merasa gagal berbisnis? Hal itu wajar, tapi jangan biarkan berlarut-larut. Justru, Anda hebat sudah melakukan inovasi, karena Anda jadi tahu harus membuat perbaikan apa sesuai harapan konsumen. Bedakan jika Anda tidak melakukan inovasi sama sekali, lalu bagaimana bisa tahu apa yang diinginkan oleh konsumen.

Untuk mendukung Anda bisa meraih impian menjadi pebisnis, maka bisa memetakan impian sejak dini lewat Dreamboard (salah satu Superboard Indscript). Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: