5 Langkah Awal Memulai Usaha

ide bisnis unik

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis. Dengan begitu, maka Anda bisa menghindari masalah tersebut, dan jika terjadi maka segera tahu apa saja yang harus dilakukan. Selain itu, Anda harus tahu tahapan demi tahapan ketika merintis bisnis agar lebih mudah mengelolanya kelak. Antara lain:

Yang pertama adalah harus memiliki β€œnilai”

β€œNilai” tersebut adalah hal-hal yang membuat Anda berbeda dengan bisnis lainnya. Misalnya, β€œnilai” dalam hal produk (seperti bahannya premium dan beda dengan lainnya), bisa juga β€œnilai” bisnis (seperti ada program donasi setiap pembelian). Dengan memiliki β€œnilai” bisa menarik calon konsumen hingga memutuskan membeli di tempat Anda.

Yang kedua adalah harganya harus terjangkau

Dalam artian, harga yang Anda tentukan harus terjangkau bagi target marketnya. Setiap target market punya standar harga sendiri. Misalnya, gamis saja, ada yang harganya 100ribuan, ada yang 300ribuan, hingga 500ribuan juga ada. Masing-masing harga punya target marketnya sendiri kok, sehingga pastikan kalau harganya tepat.

Yang ketiga adalah bisa membuat program gratis untuk mencoba

Bagaimana cara bisnis baru agar dilirik oleh calon konsumen? Salah satunya adalah mengajak mereka untuk mencoba dengan gratis. Biasanya, calon konsumen ragu apakah produk atau jasa Anda itu bermanfaat dan berkualitas. Untuk mengatasi keraguan tersebut, Anda bisa membuat program gratis mencoba.

Yang keempat adalah kumpulkan testimoni

Masih ada cara lagi bagi yang baru berbisnis dan bisa menarik perhatian calon kosnumen, yaitu mintalah testimoni dari konsumen lalu unggah di media sosial. Tujuannya, calon konsumen yang awalnya ragu akhirnya mulai memutuskan mencoba setelah membaca testimoni tersebut. Maka, mulai sekarang rajinlah meminta (jika konsumen berkenan) lalu unggah testimoni.

Yang kelima adalah konsisten sharing

Bagi yang baru merintis bisnis, sangat dianjurkan untuk konsisten melakukan sharing. Hal itu bisa membuat Anda semakin dikenal oleh banyak orang, hingga perlahan-lahan mau menjadi pelanggan Anda. Anda bisa mulai sharing dari status FB dulu atau di blog, lalu izin ke komunitas untuk Anda isi dengan sharing.

Untuk memudahkan Anda dan tim bekerja maksimal mengelola bisnis, bisa menggunakan to do list book. Buku yang membuat Anda langsung action membuat catatan tugas setiap hari. Jadi, tidak ada lagi cerita lupa promosi, nggak sempat membuat laporan keuangan, bahkan membuat keluarga tetap terawat dan Anda wajib sempat me time agar selalu bahagia.

Selain itu, Anda bisa membuka dan mengikuti panduan di MINIBOOK 30 LANGKAH OMZET NAIK. Buku yang mudah Anda bawa ke mana saja dan pelajari kapan saja. Dengan adanya panduan, tentu memudahkan Anda tahu harus melakukan apa saja agar bisnisnya berkembang, meski semuanya dikelola dari dalam rumah saja tapi bisa beromzet layaknya perusahaan di gedung besar.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai buku dari Indscript bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.