5 Kiat Sukses Usaha Dagang yang Harus Dilakukan

Sebelum membaca, sebaiknya Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, karena masih berkaitan dengan isi artikel ini. Salah satu hal lain yang harus Anda perhatikan, adalah bagaimana menjadi pebisnis. Perlu diingat, pebisnis itu nggak hanya duduk diam dan menunggu laporan dari anak buah. Tapi, menjadi pebisnis juga tetap bisa melakukan hal teknis seperti:

Satu, branding.

Jangan serahkan 100% urusan branding kepada anak buah. Anda sendiri sebagai pemimpin bisnis, tetap bisa melakukan personal branding seorang diri. Cara paling mudah adalah ceritakan apa kegiatan Anda hari ini dalam berbisnis. Misalnya, lagi cari ide inovasi maka hari ini Anda membaca buku. Cerita apapun itu tetap bisa membangun branding Anda.

Dua, menjaring target market baru.

Selain tugas tim marketing, Anda juga bisa menjaring target baru juga. Misalnya, Anda diundang sharing di grup WA, sekalian saja Anda meminta izin untuk menyimpan semua nomor WA di grup tersebut untuk menjaga silaturahmi. Siapa tahu, mereka save nomor WA Anda juga lalu suka mengintip status WA Anda.

Tiga, melakukan prospek.

Eit, kegiatan memprospek itu tidak hanya harus dilakukan oleh tim promosi, lho. Anda sendiri, meski menjadi pebisnis, tetap boleh melakukan prospek. Misalnya, Anda sedang mengisi seminar, sekalian aja memperkenalkan diri sebagai pebisnis produk A atau jasa B, siapa tahu ada peserta seminar yang tertarik dengan bisnis Anda.

Empat, melakukan follow up.

Sudah melakukan prospek? Anda boleh juga melakukan follow up. Misalnya, Anda melihat ada pesanan yang belum ditransfer, ya Anda juga bisa bertanya lewat japri. Tanyakan seperti, “Say, lebih mudah transfer ke Bank A atau bank B?” Jadi biar dia merasa harus memilih yang keduanya itu tetap membeli juga.

Lima, melakukan promosi.

Jadi pemilik bisnis bukan berhenti melakukan promosi. Tapi harus menjadi contoh bagi anak buah, bagi tim, atau bagi jaringan reseller Anda, kalau berpromosilah tanpa jeda. Setiap hari promosi, asal isinya promo yang asyik, jadi yang membaca juga nggak bosan.

Untuk mendukung Anda melakukan kelima hal di atas, Anda bisa membuat target harian. Misalnya, setiap hari harus membuat status branding 1 x, melakukan promosi di FB sebanyak 5 x, melakukan prospek sebanyak 20 orang yang berbeda setiap hari, lalu buat laporan setiap hari di Metrik Pencapaian (salah satu Superboard dari Indscript). Metrik memang didesain buat siapa saja agar produktif setiap hari dengan semangat mengejar target harian.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: