5 Hal yang Diajarkan Kepada Customer Service, Adalah …

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru. Pasalnya, meski Anda mengelola bisnis dari rumah, tetap bisa melakukan 7 kebiasaan yang kerap dilakukan oleh pebisnis besar. Selain itu, customer service (CS) adalah pihak yang kerap berhadapan langsung dengan konsumen. Maka, lakukan tips ini agar tim CS bisa maksimal:

Yang pertama adalah siapkan naskah untuk tim CS.

Tim CS adalah orang yang baru masuk di bisnis Anda. Tentu mereka butuh waktu untuk mengenali bisnis Anda, sementara mereka harus berhadapan langsung dengan konsumen. Maka, Anda bisa menyiapkan naskah terlebih dahulu. Contohnya, teks tentang bagaimana menjawab pesanan, menghadapi komplain, dan lainnya.

Yang kedua adalah mengajarkan tim CS untuk menawarkan produk lainnya.

Tim CS boleh melakukan hal itu asal kondisinya memungkinkan. Misalnya, ada konsumen yang pesan produk handsock. Nah, ajarkan tim CS untuk menawarkan sekalian produk lain yang berkaitan, misalnya ciput yang Anda jual. Jadi, konsumen bisa pakai handsock dan ciput yang senada.

Yang ketiga adalah infokan promo.

Konsumen itu suka promo, kok. Nah, ajarkan tim CS untuk memberi informasi kepada target market mengenai promo yang tengah berlangsung. Jika menarik, konsumen malah semakin sudah mendapatkan informasi tersebut. Bisa juga, Anda membuat promo yang berbeda setiap harinya, sehingga semakin banyak peluang terjadinya closing.

Yang keempat adalah juga menyiapkan naskah seputar product knowledge.

Tim CS adalah orang baru yang masuk ke bisnis Anda, sehingga juga perlu dibekali product knowledge. Antara lain, semua nama produknya apa saja, masing-masing produk punya kelebihan apa saja, setiap produk menggunakan bahan apa saja (jika ada), sehingga lebih mudah menjawab pertanyaan calon pembeli.

Yang kelima adalah tahan diri.

Bagian tim CS yang secara online harus menahan jempolnya, sementara tim CS yang offline juga harus terus tersenyum meski apapun kondisinya. Jika ada keluhan dari konsumen, ajarkan untuk membiarkan konsumen menceritakan semuanya, baru tim CS menerima keluhan tersebut dan akan segera mencari solusinya.

Tim CS juga bisa menggunakan to do list book. Buku yang membuat mereka langsung action membuat catatan tugas setiap hari. Jadi, tidak ada lagi cerita lupa promosi, nggak sempat menjawab semua chat, bahkan membuat keluarga mereka (bagi yang tim CS secara online) tetap terawat dan sempat me time agar selalu bahagia.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai buku dari Indscript bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: