5 Cara Promosi Buku yang Menarik

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Cara Menerbitkan Buku buat IRT, maka siapa saja bisa menulis. Namun, menjadi penulis masa kini tidak hanya dituntut bisa menghasilkan tulisan menarik. Walaupun penerbit sudah memiliki tim marketing sendiri, tetapi sebagai penulis ada baiknya Anda juga melakukan promosi buku. Apalagi dapat membuat buku Anda kian lebih dikenal banyak kalangan. Promosi buku tidak harus merogoh kocek yang besar seperti menyewa tempat launching dan lainnya. Nah, Anda dapat melakukan lima hal sederhana berikut ini.

Satu, membawa buku saat event yang kemungkinan dihadiri oleh banyak orang.

Contohnya, saat acara kopi darat, di event komunitas-komunitas, reuni, dan masih banyak lagi. Lebih bagus lagi jika Anda selalu membawa bukunya setiap bepergian. Tidak perlu banyak, satu maupun tiga juga sudah cukup. Siapa tahu tidak sengaja bertemu teman, lalu setelah ngobrol tertarik dengan buku Anda.

Dua, pasang cover buku.

Anda dapat print foto cover dengan ukuran yang cukup besar lalu menempelnya di kaca belakang mobil, atau membuat spanduk yang terpasang di depan rumah jika letaknya strategis. Selain itu, membagikan stiker, magnet kulkas, dan alat souvenir lainnya bisa menjadi pilihan. Tapi, tanyakan dahulu kepada penerbit apakah diperbolehkan karena desain berasal dari tim penerbit pula.

Tiga, aktif promosi lewat media sosial.

Baik itu di status facebook, twitter, foto buku di instagram, dan media sosial yang lain. Perhatikan jam berapa saja kemungkinan media sosial Anda ramai, lalu posting pada jam tersebut saja. Jika Anda sibuk, bisa membuat jadwal posting secara otomatis.

Empat, mengajak kerja sama teman untuk review buku.

Anda bisa memberikan satu buku gratis kepada kawan, dengan catatan teman tersebut akan menulis review-nya di blog atau goodreads. Walaupun diawali dengan kerja sama, Anda juga harus membebaskan teman tersebut menulis kritik jika memang hal yang positif.

Lima, mengadakan kuis atau give away.

Kuis bisa dari hal sederhana, seperti reweet atau share foto cover buku baru Anda, menulis di komentar posting foto, atau siapa saja yang mau menulis di blog pribadi.

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat hal-hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.