5 Cara Promosi Bisnis yang Mudah Dilakukan

Apakah Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul 8 Cara Membuat Proposal Usaha? Maka, salah satu poin penting dalam berbisnis adalah bagaimana promosi yang akan Anda lakukan.

Nah, apakah Anda sendiri sudah memiliki bisnis? Tapi angka pemasukan tidak kunjung meningkat? Masih bingung akan membuat program promosi apalagi? Padahal, promosi merupakan ujung tombak agar bisnis Anda makin populer, sehingga usahanya dapat berkembang pesat. Maka, Anda dapat mencoba melakukan 5 macam promosi bisnis di bawah ini.

Satu, mengikuti lomba bisnis bergengsi dan minimal tingkat nasional.

Momen tersebut dapat menjadi ajang berkenalan dengan pebisnis yang lebih senior sekaligus pebisnis dan peserta lomba lainnya. Dalam kompetisi tersebut, Anda akan melakukan presentasi mengenai produk atau jasa sehingga semakin banyak pihak yang mengenalinya.

Dua, bekerja sama dengan media.

Salah satunya mengisi kolom khusus di media cetak tertentu secara rutin. Tentunya, Anda perlu berbagi tips mengenai bidang yang berkaitan dengan produk atau jasa. Contohnya, produk Anda adalah pakaian, maka dapat menulis soal fashion. Di setiap edisi terbit, nama dan usaha Anda akan ikut ditulis hingga makin dikenal khalayak.

Tiga, secara rutin mengirimkan email blast.

Email blast adalah informasi produk atau jasa yang dikirim melalui email dengan harapan si penerima menjadi konsumen kelak. Namun, Anda harus memperhatikan jumlah dan isi email blast tersebut dan jangan terlihat seperti spam. Usahakan, isi email blast adalah informasi yang dibutuhkan oleh penerima, walau ada selipan informasi produk atau jasa Anda. Setidaknya, tulisan tersebut sudah bermanfaat bagi penerima.

Empat, membuat grup yang menjadi wadah Anda untuk berbagi pengalaman bisnis secara gratis.

Perlahan-lahan, makin banyak peserta yang ikut dan secara tidak langsung bisa menjadi konsumen Anda kelak. Ke depannya, kemungkinan para konsumen tersebut nantinya bisa menjadi reseller Anda.

Lima, bergabung di komunitas bisnis.

Jangan lupa maksimalkan komunitas tersebut, dengan bersikap aktif agar makin banyak anggota komunitas yang tahu soal produk atau jasa Anda, hingga membuka peluang kerja sama, atau saling memberikan promosi.

Agar semua ilmu bisnis yang pernah Anda dapatkan, baik di komunitas, dari pebisnis yang lain, atau dari mana saja, dan agar semua ilmu tadi tidak hilang maka jangan andalkan ingatan saja. Anda harus mencatatnya agar kelak mudah dipelajari lagi. Salah satunya mencatat yang aman di Agenda Remaja Prestatif.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Sudah siap berbisnis?

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com