5 Cara Mengembangkan Usaha Dagang dari Rumah

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus memperhatikan lima hal ini. Pasalnya, meski Anda mengurus bisnis dari dalam rumah, tetap harus dikelola secara profesional. Caranya dengan memperhatikan 5 hal ini agar usahanya bisa berkembang, layaknya bisnis perusahaan besar.

Satu, perhatikan target market yang akan membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

Antara lain, Anda harus mengetahui karakter target market sehingga lebih tahu apa yang mereka inginkan dan bagaimana mengajak mereka untuk membeli. Untuk mengetahuinya, Anda juga butuh komunikasi secara personal dengan mereka, atau melakukan riset secara berkala sebagai bahan mencari ide inovasi kelak.

Dua, pesaing.

Pesaing bukan hal perlu ditakutkan karena mereka pasti akan ada. Tapi, jadikan sebagai acuan untuk melakukan perbaikan. Misalnya, mereka lebih laris, maka Anda harus mengenali apa kelebihan pesaing, seperti, ternyata mereka memberikan pelayanan yang ramah, maka Anda bisa membuat standar pelayanan yang lebih fast respon, agar bisa sama-sama bersaing sehat.

Tiga, biaya.

Meski Anda mengelola bisnis dari rumah, pastikan sudah memisahkan kas pribadi dengan bisnis. Selain itu, punya catatan keuangan yang lengkap, seperti beli bolpoin untuk keperluan bisnis ya harus ditulis. Dari catatan tersebut, Anda bisa membuat perencanaan biaya, seperti ketahuan setiap bulan omsetnya berapa, biasanya untuk biaya operasional berapa, dan seterusnya.

Empat, distribusi.

Meski Anda bukan berbisnis sebagai produsen, harus mengetahui sistem distribusi, seperti berbagai pilihan kurir. Apa kelebihan dan kelemahan setiap jasa kurir yang ada. Misalnya, kalau ke kota besar sebaiknya pilih Kurir A karena lebih murah, atau kalau ke pelosok bisa Kurir B karena jangkauan lebih luas.

Lima, merek.

Perhatikan juga merek Anda, produk atau jasa yang Anda jual, hingga bisnisnya. Untuk membangun merek, Anda bisa cukup konsisten promosi di media sosial. Nanti masyarakat akan membentuk “merek” Anda. Misalnya, Anda bangun “merek” pebisnis kuliner sehat, maka setiap butuh camilan yang non MSG langsung ingat Anda.

Untuk menjadi pebisnis sukses meski dikelola di dalam rumah, tetap lakukan secara profesional, ya. Agar meraih impian sebagai pebisnis bisa tercapai, maka buka Dreamboard (salah satu Superboard Indscript) yang memudahkan Anda melakukan pemetaan impian secara lebih detail untuk menjadi pebisnis.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: