2

5 Cara Menerbitkan Buku buat IRT

Kemajuan teknologi kian membuka pintu bagi para siapa saja yang ingin menjadi penulis buku. Tentu ingin imajinasi Anda dibaca banyak orang melalui novel, atau menyebarkan kisah inspirasi lewat buku nonfiksi, serta genre buku yang lainnya. Termasuk bagi kalangan ibu rumah tangga (IRT). Anda pun dapat memaksimalkan kesempatan menjadi penulis melalui beberapa cara menerbitkan buku berikut ini.

Satu, menimba ilmu, informasi, dan link di komunitas menulis.

Melalui komunitas menulis, Anda akan mendapatkan banyak informasi mengenai cara jitu naskah mendapatkan ACC dari penerbit. Terlebih saat ini sudah terdapat pilihan komunitas online maupun offline.

Dua, mengikuti lomba menulis yang diadakan oleh pihak penerbit.

Saat ini, beberapa penerbit ingin mencari bibit baru sebagai penulis buku. Maka, penerbit kerap membuka peluang lewat lomba menulis naskah buku sesuai genre yang diinginkan.

Tiga, mengikuti kelas menulis.

Sekarang sudah ada kelas menulis yang menjadi “jembatan” bagi calon penulis dengan penerbit. Selama mengikuti kelas menulis, akan mendapatkan banyak rahasia seputar dunia penulisan sehingga penerbit tertarik pada naskah Anda. Baik itu materi seputar mendapatkan ide, mengolahnya menjadi tulisan yang menarik, hingga membuat proposal ke penerbit.

Empat, mengirimkan naskah sendiri ke penerbit.

Penerbit tidak akan melihat apakah Anda penulis baru atau sudah pernah menerbitkan buku. Yang dilihat penerbit adalah isi naskah Anda. Jika menarik dan sesuai dengan karakter penerbit, maka lebih mudah mendapatkan ACC.

Lima, lewat agensi naskah.

Beberapa calon penulis mengaku tidak tahu harus mengirimkan naskahnya ke penerbit mana. Pasalnya, setiap penerbit punya karakter tersendiri. Untuk itu, agensi naskah, seperti Indscript Copywriting, siap mencari penerbit mana yang kira-kira cocok dengan naskah Anda.

Dan yang tidak kalah penting adalah MENULIS SEKARANG JUGA agar naskah Anda lekas selesai. Namun, bagi IRT tentu bukanlah hal mudah karena harus membagi waktu dengan tugas di rumah.

Untuk itu, Indscript Creative memberikan E-BOOK MANAJEMEN WAKTU dari yang bisa di-download secara GRATIS ini, agar memudahkan Anda membuat manajemen waktu dan bisa menjadi penulis.

DOWNLOAD SEKARANG

Manajemen waktu ibaratanya “senjata” IRT agar bisa mengerjakan tugas utama, sekaligus masih punya waktu mengembangkan potensinya di dunia menulis.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 2 comments
Mengapa Seseorang Membutuhkan Startegi untuk Menang dalam Suatu Perlombaan? Ini Penjelasannya | INDSCRIPT CREATIVE - last month

[…] di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Cara Menerbitkan Buku buat IRT, dan salah satu caranya adalah mengikuti lomba. Maka, artikel ini khusus membahas bagaimana membuat […]

Reply
Ingin Jadi Penulis? Lakukan 5 Langkah Ini Dulu | INDSCRIPT CREATIVE - a couple of weeks ago

[…] artikel sebelumnya yang berjudul 5 Cara Menerbitkan Buku buat IRT, maka artikel ini cocok bagi yang ingin menulis. Apalagi, banyak sekali pertanyaan yang meluncur […]

Reply

Leave a Reply: