1

5 Cara Memilih Usaha bagi Pemula

Jika di artikel sebelumnya berjudul Supermom Dilarang Multitasking, bahwa jika ingin multitasking harus punya manajemen waktu dulu. Jika sudah punya, maka bersiap diri untuk menjadi pebisnis.

Banyak orang yang mengaku bingung ketika akan terjun sebagai pebisnis. Umumnya bertanya, “Saya baiknya berbisnis di bidang apa?” Padahal, setiap pelaku bisnis itu sendiri yang memahami bidang bisnis tepat baginya. Yang diperlukan adalah melakukan analisa dan bertanya kepada hati, seperti penjelasan berikuti.

 

Satu, pilihlah bidang bisnis berdasarkan hobi.

Ingat, berbisnis tidak hanya soal menjual barang atau menawarkan produk. Jika Anda memiliki keahlian di bidang jasa maka dapat menawarkan kemampuan tersebut kepada khalayak. Seperti yang suka desain interior dapat menjadi konsultan arsitek, atau suka foto dapat membuka jasa fotografi, dan masih banyak lagi.

Pilihan kedua adalah memilih bisnis berdasarkan permasalahan diri sendiri.

Sebagai contoh, Anda adalah ibu muda yang baru melahirkan dan membutuhkan selimut praktis ketika bepergian dan harus menyusui, sementara di pasaran belum ada atau sedikit yang menjual produk tersebut. Itu artinya, Anda dapat berbisnis sebagai produsen selimut menyusui sekaligus mendapatkan solusi.

Serta ada pilihan ketiga yaitu berbisnis berdasarkan warisan bisnis orangtua atau keluarga.

Jika Anda terlahir dari orangtua yang sudah menjadi wirausaha, maka dapat melanjutkan bisnis keluarga. Pastinya, bisnis keluarga tidak harus yang sudah besar. Bisa seperti mengembangkan toko kelontong oranguta, membesarkan warung orangtua dengan membuat menu baru, dan yang lainnya.

Anda juga bisa berbisnis produk atau jasa yang tengah booming.

Pasalnya, konsumen tentu penasaran dengan suatu hal yang tengah banyak dibicarakan. Agar tampak berbeda, ada baiknya Anda melakukan inovasi. Bisa juga, melakukan Amati Tiru dan Modifikasi atau ATM. Walaupun begitu, Anda harus terus melakukan inovasi agar ketika masa booming berakhir, Anda tetap bisa melanjutkan bisnis tersebut.

Bisa juga karena membantu bisnis teman.

Sebagai contoh, teman Anda punya bisnis tapi tidak berjalan sehat. Maka, Anda bisa membantu dengan mengurus bisnis teman dari nol. Ibaratnya, memang Anda berbisnis dari titik nol lagi, walau bisnisnya pernah jalan. Namun, Anda ahrus harus memiliki ilmu agar tahu apa saja yang dilakukan ketika ingin menyelamatkan bisnis.

Apapun pilihan bidang bisnis Anda, pastikan sudah punya program kerja. Apalagi sekarang sudah menjelang akhir tahun 2017. Ada baiknya Anda menyusun recana bisnis di tahun 2018 agar makin melesatkan omset. Catat program bisnis harian Anda di Amazing Giant Calendar lalu pajang di dinding agar termotivasi. Dapatkan juga bonus FREE E-BOOK DAN VIDEO TUTORIAL di AMAZING GIANT CALENDAR 2018 selama masa pre-order. Untuk informasi dan pre-order, silahkan KLIK DI SINI.

Siap menjadi pebisnis sukses di tahun 2018? Petakan rencananya dari sekarang dengan Amazing Giant Calendar.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 1 comments
5 Cara Meningkatkan Target Penjualan | INDSCRIPT CREATIVE - a couple of weeks ago

[…] terdapat artikel yang berjudul 5 Cara Memilih Usaha bagi Pemula, maka pengetahuan bisnis yang harus diketahui oleh pemula adalah bagaimana bisa melesatkan […]

Reply

Leave a Reply: