4 Cara Membuat Biografi bagi Pemula

Jika di artikel sebelumnya yang berjuudl Ini Dia Cara Membuat Buku Biografi, maka untuk artikel saat ini ada penjelasan lebih lanjut. Agar Anda semakin jelas bagaimana menulis buku biografi.

Nah, Anda sendiri memiliki rencana menulis buku biografi? Ada baiknya membaca artikel berikut ini. Apalagi menyusun naskah biografi tentu berbeda dengan menuntaskan tulisan cerpen, nonfiksi inspiratif ala chiken soup, dan genre lainnya. Di bawah ini akan membongkar poin-poin yang biasanya ada di dalam naskah biografi.

Satu, temukan hal sederhana dalam sesi wawancara lalu gali sedalam mungkin.

Cari sesuatu yang tidak banyak orang ketahui tetapi menarik untuk diceritakan. Contohnya seorang pebisnis kuliner sejak kecil ternyata sudah mendapatkan nilai-nilai kehidupan lewat orangtua. Tulislah secara detail bagaimana cara Bapak Ibunya kerap mengajarkan bersikap jujur hingga tidak mudah menyerah.

Dua, tanyakan proses hingga narasumber bisa tergolong orang sukses.

Minta narasumber menceritakan kendala apa saja yang pernah dihadapi lalu bagaimana mengatasinya. Selain itu, tanyakan pula momen yang paling “down” serta caranya agar sanggup bangkit kembali. Tidak lupa menanyakan perasaan terhadap pencapaian sampai sekarang hingga tips berhasil di bidangnya.

Tiga, walaupun narasumber buku biografi banyak yang populer, ada baiknya Anda tetap meminta daftar prestasi secara lengkap.

Seperti penghargaan apa saja yang didapat serta tahun dan siapa penyelenggaranya. Lebih baik juga tidak hanya menulis kalau narasumber tersebut sukses. Namun, tetap harus membuktikan lewat angka seperti omset, jumlah produksi, dan lainnya.

Empat, selain wawancara dengan narasumber langsung, juga harus meminta testimoni dari orang-orang terdekat.

Baik itu keluarga, sahabat lama, partner kerja, profesoinal di bidangnya, anak buah, dan yang lainnya. Bisa meminta rekomendasi dari narasumber seputar daftar nama komentator. Fungsi para komentator tersebut kian membuat pembaca lebih yakin mengenai sosok inspiratif narasumber.

Agar impian Anda menulis buku biografi bisa berjalan lancar, maka buat rencana harian hingga naskah untuk buku biografi tersebut selesai. Anda bisa mencatat di Amazing Giant Calendar lalu pajang di dinding agar terus termotivasi. Apalagi sudah disediakan spidol khusus agar kalender bisa ditulis dan dihapus.

Sebagai contoh seperti ini:

1-3 Januari: riset beberapa nama sebagai narasumber

4 Januari: menentukan akan memilih narasumber siapa dulu?

5 Januari: menghubungi narasumber soal kesediaannya diwawancarai

6 Januari: menyiapkan daftar wawancara

7-14 januari: wawancara narasumber utama dan pendukung

Dan seterusnya.

Amazing Giant Calendar sangat direkomendasikan bagi pebisnis, penulis, dan profesi apapun agar produktif. Pasalnya, mendorong pemilik kalender mencari ide harian dan bisa dikaitkan dengan momen hari tersebut. Informasi mengenai Amazing Giant Calendar bisa KLIK DI SINI.

Siap menjadi penulis buku biografi? Petakan semua program harian Anda di Amazing Giant Calendar.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: