3 Tipe IRT yang Juga Punya Bisnis Online

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru. Pasalnya, 6 kebiasaan tersebut bisa Anda lakukan dari dalam rumah dan mendukung bisnisnya berkembang. Selain itu, kenali juga 3 tipe yang sebaiknya dimiliki oleh pebisnis. Jadi, meski berbisnis dari rumah tetap sebaiknya dikelola profesional agar bisa berkembang.

Yang pertama adalah tipe yang bisa mengenal produk.

Jadi, berbisnis dari rumah harus bisa mengenal produk. Baik itu yang bisa melakukan produksi atau yang masih reseller. Misalnya, pebisnis yang mau jadi produsen gamis harus tahu cara-cara membuat gamis, meski dari segi teknis seperti menjahit belum 100% bisa. Intinya, mendalami produknya dulu.

Kenapa? Jika Anda sudah mengenal produknya dengan baik maka akan bisa terus melakukan inovasi, bisa berkembang, dan terus maju walaupun sudah banyak pesaingnya. Dengan memahami produk maka akan bisa menentukan produk seperti apa yang bagus, atau bagi reseller bisa tepat memilih penjual produk dari suplier mana karena bisa menilai produk.

Yang kedua adalah tipe yang bisa menjual produk atau jasa.

Anda harus punya tipe ini untuk kunci selanjutnya agar bisnis bisa berkembang. Meski mungkin Anda sudah punya tim marketing, seperti agen hingga marketer sekali pun, ya tetap harus tahu cara berjualan karena sebagai ujung tombak berbisnis, sekaligus Anda bisa kasih contoh ke jaringan pemasaran seputar bagaimana berjualan.

Tenang, bisa menjual adalah keahlian yang dapat Anda latih. Baik itu lewat pelatihan offline atau online, hingga praktek setiap harinya. Selain itu, Anda juga harus memiliki banyak teman dan belatih berteman dengan banyak orang, belajar memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain baik melalui mengobrol, perbuatan, maupun tulisan.

Yang ketiga adalah tipe yang bisa mengatur keuangan.

Selain marketing, keuangan adalah hal penting dalam berbisnis. Banyak bisnis dari rumah yang mengalu laris tapi uangnya tidak ada, itu karena tidak memisahkan keuangan pribadi dengan kas bisnis. Contoh lain adalah banyak IRT yang berbisnis akhirnya mengalami stok numpuk, karena asal membeli produk tanpa perhitungan yang tepat.

Agar memudahkan Anda atau tim keuangan mengelola kas bisnis, cukup buka dan isi Financial Board for Mom yang didesain khusus memudahkan Anda mengurus keuangan bisnis. Dari mulai membuat Anda mengurus budgedting rumah tangga, budgeting bisnis, target penghasilan, investasi, utang, hingga menghitung penghasilan tetap setiap bulannya sebagai pebisnis.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com