12 Hal yang Wajib Diketahui oleh Calon Penulis

Setiap orang dapat menjadi penulis. Yang diperlukan adalah menggali ilmu menulis. Setidaknya bagi calon penulis harus mengetahui 12 hal yang wajib dipelajari. Apa saja 12 poin tersebut agar menjadi penulis?

Satu, menangkap dan mengelola ide menulis. Anda dituntut peka terhadap peristiwa di sekitar yang menarik dan dapat menjadi ide utama menulis.

Dua, membuat outline naskah. Setelah menemukan ide, langkah berikutnya adalah menyusun kerangka tulisan atau outline. Fungsinya sebagai panduan Anda menulis sekaligus menghindari writerโ€™s block.

Tiga, cara siap menjadi penulis. Antara lain belajar memegang komitmen serta membuat manajemen waktu agar menjadi penulis produktif.

Empat, riset dalam penulisan. Sebelum menulis, baiknya membaca buku yang masih satu genre sebagai bahan referensi.

Lima, cara membuat kalimat dan paragraf yang tepat. Saat menulis novel, tentu gaya penulisannya berbeda dengan ketika menulis buku nonfiksi.

Enam, mengelola media sosial. Media sosial dapat menjadi wadah branding hingga promosi bagi para penulis.

Tujuh, cara membidik pasar buku. Salah satu cara agar naskah Anda mendapatkan ACC dari penerbit adalah menghasilkan tulisan yang digemari oleh banyak pembaca. Maka, diperlukan pengetahuan mengenali selera pasar.

Delapan, editing dan revisi. Menjadi penulis adalah profesi yang menuntut untuk melakukan self editing dan menerima poin-poin revisi sebagai bahan masukan.

Sembilan, membuat proposal. Naskah yang menarik belum tentu berhasil dilirik oleh penerbit jika proposalnya tidak menggali poin plus dari tulisan.

Sepuluh, promosiย buku sebelum dan sesudah terbit. Sebagai penulis, tentu ingin buku karyanya dibaca oleh banyak orang. Salah satu cara mencapai hal tersebut adalah dengan gencar berpromosi, baik secara online maupun offline.

Sebelas, membangun branding bagi penulis. Jika branding Anda sebagai penulis tertentu sudah kuat, maka buku apapun yang ditulis kemungkinan besar akan mudah diterima oleh khalayak luas.

Dua belas, proses penerbitan buku. Anda juga harus tahu bagaimana alur menerbitkan buku.

Untuk mendapatkan dua belas poin di atas, Anda dapat bergabung di Sekolah Perempuan, sebagai wadah bagi perempuan untuk belajar menulis dengan target menyelesaikan satu naskah buku siap terbit.