10 Rahasia Menjadi Ibu Rumah Tangga Produktif

Jadi ibu rumah tangga (IRT) memang mengemban banyak tugas. Antara lain mengurus anak-anak, suami, rumah, bahkan jangan sampai lupa untuk mengurus diri sendiri dan mengembangkan potensi masing-masing. Lalu, bagaimana menjadi IRT yang produktif? Silahkan ikuti 10 langkah di bawah ini.

Satu, membuat daftar kegiatan khusus mengurus keluarga.

Antara lain memasak, menyiapkan makanan di meja makan, mengantarkan dan menjemput anak ke sekolah, menyiapkan kebutuhan rumah, menemani anak belajar, dan lainnya.

Dua, buat jadwal khusus bersama anak.

Anak juga memiliki hak untuk bermain bersama Anda. Momen tersebut dapat membuat anak lebih dekat dengan Anda, sekaligus memberikan dampak positif bagi perkembangannya.

Tiga, tentukan jadwal dengan suami.

Walau sudah punya anak, tetap jaga keharmonisan dengan suami. Tidak harus pergi ke luar rumah. Bisa berupa menyiapkan kopi di pagi hari, atau minum bersama di malam hari sembari ngrobrol.

Empat, miliki jadwal bersama keluarga.

Ada baiknya, semua anggota keluarga punya jam makan yang sama, sehingga sarapan dan makan malam dapat menjadi momen kebersamaan. Selain itu, sesekali dapat wisata kuliner sekeluarga.

Lima, membuat daftar kegiatan khusus mengenai agama.

Misalnya, beribadah lima kali sehari, mengaji sendiri di dalam rumah, datang ke acara pengajian, ibadah lain yang sifatnya sunnah, dan seterusnya. Dengan mencatat, membuat Anda selalu ingat melakukannya.

Enam, membuat daftar kegiatan untuk pengembangan potensi diri.

Jika Anda suka menulis, bisa membuat daftar kegiatan seperti waktu menulis, membaca, mendatangi pelatihan menulis, berkumpul atau diskusi offline dengan kawan-kawan penulis, dan lainnya.

Tujuh, sertakan pula agenda me time.

Aktivitas me time tidak harus di luar rumah, seperti perawatan di salon, atau shopping. Bisa juga sekedar menonton DVD tanpa mengurus keluarga sejenak, atau minum kopi sendirian di teras rumah.

Delapan, luangkan waktu bersama teman.

Menjadi IRT, pasti butuh teman untuk ngobrol. Bisa bersama tetangga karena lebih dekat dan lebih sering ketemu, bisa juga aktif di komunitas online dan bertemu teman-teman di dunia maya, hingga datang ke kopdar.

Sembilan, buat juga jadwal mingguan.

Contohnya, setiap hari Senin, Anda mengikuti pengajian RT, sedangkan khusus hari Selasa itu waktunya membaca novel, begitu pula hari Rabu hingga Minggu. Tujuannya agar aktivitas harian Anda tidak membosankan.

Sepuluh, punya jadwal bulanan juga.

Selain punya jadwal harian yang berbeda, usahakan punya jadwal yang dilakukan setiap sebulan sekali. Contohnya, travelling di dalam kota bersama keluarga, kopdar dengan teman-teman komunitas.

Untuk memudahkan Anda membuat manajemen waktu, bisa mengikuti panduan di E-BOOK MANAJEMEN WAKTU dari yang bisa di-download secara GRATIS ini.

DOWNLOAD SEKARANG

Jadi IRT yang produktif? Mudah banget! Asal punya manajemen waktu dan ikuti 10 langkah di atas.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com