10 Peluang Usaha Setelah Pensiun

Pada umumnya, usia produktif berakhir hingga 55 sampai 60 tahun. Di atas usia tersebut, sangat sedikit perusahaan yang masih memperjakan mereka. Agar masih memiliki penghasilan, yang utama atau tambahan, di usia pensiun, maka pilih yang tidak menyita tenaga fisik. Antara lain:

Satu, menjadi penulis.

Pekerjaan menulis bisa dilakukan di dalam rumah dan duduk di depan komputer. Bagi Anda yang suka menulis, coba asah keahlian tersebut dengan konsisten menulis, karena bisa menjadi profesi ketika pensiun kelak.

Dua, sebagai konsultan.

Apapun bidang pekerjaan Anda saat ini, kelak bisa menjadi modal pengalaman menjadi konsultan. Sebagai contoh, Anda sekarang menjadi akuntan di perusahaan, maka ketika pensiun bisa membuka jasa sebagai konsultan di bidang akuntansi.

Tiga, menjadi fotografer.

Bekerja sebagai fotografer tidak harus membuat Anda sering ke luar rumah. Anda bisa membuka foto studio di rumah, lalu lakukan hobi Anda ketika pensiun sekaligus mendapatkan penghasilan.

Empat, memiliki toko kelontong.

Ketika Anda mengelola toko kelontong, bisa bekerja sama dengan suplier yang mau mengantarkan barang pesanan Anda ke rumah. Hal tersebut membuat Anda tidak harus ke luar rumah untuk kulakan produk yang dijual.

Lima, beternak.

Beberapa kalangan pensiun suka memilih bisnis beternak. Misalnya, ternak ayam, kambing, sapi, dan lainnya. Pasalnya, tidak terlalu menyita waktu dan produknya selalu dicari banyak orang.

Enam, memiliki kos.

Untuk bisnis ini, Anda memang membutuhkan modal besar untuk membangun beberapa kamar. Tapi, ketika bisnis kos sudah berjalan, Anda tidak repot mengurusnya karena bisa menyewa seorang untu menjaga kos sekaligus membersihkannya.

Tujuh, investasi di properti.

Agar uang pensiun tidak habis begitu saja, Anda bisa menginvestasikan ke dalam tanah atau rumah. Pasalnya, harga tanah atau rumah akan selalu naik. Anda bisa menyewakan rumah atau tanah untuk mendapatkan penghasilan.

Delapan, berbisnis kuliner.

Suka memasak? Baik makanan utama atau snack? Kenapa tidak mengisi hari tua dengan berbisnis kuliner? Pasalnya, makanan memang dibutuhkan oleh banyak pihak. Anda bisa menyewa karyawan sebagai eksekusi, dengan mengolah dari resep rahasia Anda.

Sembilan, membuka laundry.

Punya mesin cuci di rumah? Coba buka bisnis laundry karena pangsa pasarnya sangat luas. Anda bisa menyewa karyawan untuk melakukan kegiatan mencuci dan menyetrika. Tapi, pastikan Anda yang punya standar kualitas pelayanannya.

Sepuluh, berbisnis jaringan.

Hal positif dari bisnis jaringan adalah sudah punya sistem dan produk, sehingga Anda cukup fokus menjual produk mereka. Tentu, Anda bisa menjualnya walau hanya lewat online.

Apapun bisnis yang akan Anda pilih nantinya, pastikan kenali bagaimana cara berbisnis dan laris walau tanpa beriklan (ads).

Untuk itu, Indscript Creative siap membocorkan rahasia agar produk atau jasa bisa laris tanpa ads. Silahkan klik JOIN WAITING LIST LARIS TANPA ADS untuk mendapatkan informasi terbaru.

Siap menghadapi pensiun dengan hal produktif?

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com