10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Dihadapi Saat Ini

Dalam proses membesarkan bisnis tidaklah selamanya berjalan mulus. Para pelaku bisnis harus menghadapi berbagai persoalan yang dapat menghambat perkembangan perusahaannya. Tidak jarang, masalah yang tidak lekas diselesaikan dapat menjadi sangat berbahaya hingga menuju kebangkrutan.

Setelah artikel sebelumnya berjudul 5 Hal yang Dilakukan agar Usaha Sepi Jadi Rame. Kali ini, Anda bisa mengenali beberapa persoalan yang kerap dihadapi pebisnis dan bagaimana solusinya seperti informasi di bawag ini. Agar Anda bisa bersikap antisipasi dan tahu menghadapi masalah bisnis.

Satu, produk laris tapi laba tidak terlihat

Biasanya karena masih bercampurnya kas usaha dengan uang pribadi. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan dompet pribadi dengan bisnis. Kalau perlu, buat rekening pribadi dengan bisnis masing-masing.

Dua, nggak tahu omsetnya berapa.

Ketika ditanya omset, banyak yang bilang tidak tahu. Maka, selain memisahkan uang pribadi dengan bisnis, Anda harus konsisten mencatat. Produk hanya laku satu buah juga tetap dicatat. Anda pinjam uang kas bisnis untuk urusan dapur walau hanya seribu rupiah, juga wajib dicatat.

Tiga, nggak tahu cara jualan.

Yang Anda ketahui, hanya asal menawarkan produk. Ketika tidak ada yang laku, hanya merasa tidak berbakat berbisnis. Padahal, yang perlu Anda lakukan adalah kenali berbagai macam promosi, lalu coba semuanya, hingga nanti mengerucut cocoknya promosi apa saja.

Empat, nggak tahu target market.

Padahal, jika Anda sudah tahu target marketnya, maka lebih mudah menjualnya. Untuk mengetahui target market, bisa dengan mengenali siapa saja yang mayoritas membeli produk Anda, lalu bagaimana karakter mereka pada umumnya.

Lima, asal unggah foto produk di media sosial pribadi.

Walau Anda ingin merintis bisnis tanpa modal, yaitu menjadi dropshipper, bukan berarti hanya cukup unggah foto produk saja. Tetapi, beri edukasi mengapa teman maya Anda harus membeli produk tersebut.

Enam, merasa semua bisa dilakukan sendiri.

Tidak ada bisnis yang sukses tanpa tim. Takut merekrut karyawan? Maka, buka peluang menjadi reseller karena mereka juga tim sukses Anda.

Tujuh, masalah sumber daya manusia (SDM).

Sudah punya karyawan, tapi beberapa anak buah yang menunjukkan performa bagus. Coba ajak diskusi, bisa jadi mereka butuh ilmu baru, atau butuh motivasi terlebih dahulu.

Delapan, nggak punya inovasi.

Sebagai pebisnis harus melakukan inovasi secara berkala agar tidak ditinggal oleh konsumen. Sebagai contoh, menambahkan kelebihan produk Anda, memberikan bonus pada jumlah pembelian tertentu, dan yang lainnya. Untuk bidang jasa, dapat memberikan tambahan service pada para langganan.

Sembilan, diam saja.

Pebisnis juga butuh jaringan agar banyak yang tahu bisnis Anda. Maka, bergabunglah di banyak komunitas. Tidak hanya komunitas bisnis. Agar jaringan Anda semakin luas.

Sepuluh, nggak bakat berbisnis.

Baru jualan sebentar lalu tidak laku, langsung merasa tidak berbakat. Padahal, berbisnis itu proses. Jadi nikmati proses dengan belajar, action, hingga berjejaring. Salah satu ilmu yang wajib Anda ketahui adalahcara laris walau tanpa beriklan (ads).

Indscript Creative siap membocorkan rahasia agar produk atau jasa bisa laris tanpa ads. Silahkan klik JOIN WAITING LIST LARIS TANPA ADS untuk mendapatkan informasi terbaru.

Siap tahu rahasianya dan praktek?

Pengunjung Juga Mencari:

  • masalah bisnis yang dihadapi saat ini
Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com