10 Cara Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Produktif

Menyandang predikat ibu rumah tangga (IRT) artinya siap memiliki banyak tugas walau seharian di dalam rumah. Namun, Anda yang juga IRT, tentu ingin memiliki kegiatan produktif lain yang bukan tugas rumah tangga. Antara lain berbisnis, menjadi penulis, freelance designer, dan lainnya. Untuk itu, lakukan 10 hal berikut ini agar menjadi IRT produktif

Satu, mencatat dan memajang impiannya.

Yuk! Buat pemetaan mimpi sejak sekarang. Selain itu, pajang daftar impian tersebut yang secara tidak langsung memotivasi Anda untuk semangat mengejarnya.

Dua, mencatat dan konsisten mengejar target harian.

Caranya, buat target tahunan Emak, lalu dibagi menjadi 12 sebagai target bulanan. Nah, bagi lagi target bulanan sesuai jumlah hari, sebagai target harian.

Tiga, miliki waktu khusus bersama anak-anak.

Jangan lupa kewajiban Anda adalah memenuhi hak anak. Salah satunya hak bermain bersama orangtuanya. Ketika bersama anak, fokuslah pada anak dan simpan sementara gadget Anda.

Empat, jadwalkan waktu khusus bersama suami.

Ada baiknya, luangkan waktu sejenak setiap harinya dengan melakukan hal sederhana bersama suami. Contohnya, minuh teh bersama-sama di malam hari ketika anak tidur sembari mengobrol santai.

Lima, jangan lupakan ibadah.

Bagaimanapun juga, ibadah adalah hal wajib. Ketika Anda beribadah, tentu secara tidak langsung Tuhan akan memudahkan pekerjaan sehari-hari sebagai IRT.

Enam, punya waktu untuk diri sendiri atau me time.

Bagi IRT, me time bisa berupa berkebun tanpa diganggu oleh anak, minum kopi sendirian di rumah, hingga baca novel sembari santai. Bisa juga ke luar rumah seperti ke salon, cuci mata di pusat perbelanjaan. Tujuannya, membuat pikiran Anda segar kembali dan siap menjalani aktivitas harian lagi.

Tujuh, punya catatan penting di bidang masing-masing.

Setiap IRT pasti punya kegemaran di bidang masing-masing. Apalagi IRT cenderung punya pikiran yang banyak. Maka, jika Anda berbisnis, pastikan memiliki catatan penting seputar bisnis, karena Anda akan susah mengingatnya. Jika lupa dan butuh, cukup intip catatan tadi.

Delapan, bergabung di komunitas.

Komunitas bisa membuat Anda merasa memiliki teman dan sama-sama berkembang di bidang tersebut. Misalnya, Anda gemar menulis, maka bergabunglah di komunitas menulis agar mendapatkan ilmu menulis, sekaligus teman yang sama-sama suka menulis.

Sembilan, berbagi.

Berbagi tidak harus berupa materi, bisa mengadakan sharing ilmu yang Anda miliki. Contohnya, Anda adalah pebisnis fashion, maka bisa mengadakan sharing bagaimana berbisnis pakaian.

Sepuluh, miliki manajemen waktu.

Agar semua aktivitas di atas bisa Anda lakukan, maka sangat dianjurkan untuk memiliki manajemen waktu berupa jadwal harian. Hal tersebut membuat Anda tahu harus melakukann apa saja pada jam berapa.

Untuk memudahkan Anda membuat manajemen waktu, bisa mengikuti panduan di E-BOOK MANAJEMEN WAKTU dari yang bisa di-download secara GRATIS ini.

DOWNLOAD SEKARANG

Lalu, tulis jadwal harian Anda di Daily Activities for Mom sebagai papan mini pencatatan manajemen waktu. Yuk! Jadi IRT yang produktif dari rumah.

Pengunjung Juga Mencari:

  • menjadi ibu rumah tangga yang produktif
  • tips jadi ibu yg produktif
  • kegiatan produktif untuk ibu rumah tangga
  • logo ibu rumah tangga
  • menjd ibu rumah tangga
Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com