10 Cara Mempertahankan Usaha Dalam Menghadapi Persaingan

Tidak dapat dipungkiri bila berbisnis harus siap menghadapi persaingannya. Apalagi, kini ada bisnis online dan menjadi marketer yang kian memudahkan siapa saja berbisnis dengan tanpa modal. Agar bertahan dalam persaingan bisnis, Anda bisa melakukan 10 hal berikut ini:

Satu, ingat motivasi berbisnis.

Apapun motivasi Anda berbisnis, baik menjadi penghasilan, mengembangkan potensi, atau sekedar mengisi waktu luang, maka harus ingat. Pasalnya, ketika Anda tengah malas berbisnis, ingat motivasi tersebut agar kembali semangat.

Dua, tidak berlarut sedih saat ada masalah.

Masalah utama yang kerap membuat pebisnis sedih adalah sepi order hingga omset merosot. Anda boleh sedih saat itu, tapi jangan berlarut sedih karena justru membuat Anda berhenti.

Tiga, fokus mencari soslusi.

Ketika masalah datang, maka fokus mencari solusi saja. Contohnya, sepi order, coba buat promosi yang menarik, atau mengenali target market yang tepat karena selama ini Anda ternyata salah menembak target.

Empat, aktif di komunitas bisnis.

Di komunitas, Anda akan bertemu dengan pebisnis lain yang bisa menambah jaringan. Lewat komunitas, Anda bisa bekerja sama dengan pebisnis lain, Anda bisa mendapatkan tips bisnis dari pelaku usaha yang lain.

Lima, terus branding di media sosial.

Anda ingin dikenal sebagai pebisnis apa? Perbisnis fashion? Terus buat status tips seputar dunia fashion. Pebisnis kuliner? Bagi tips mengenai memasak di FB Anda.

Enam, catat 10 kelebihan produk atau jasa Anda.

Coba, catat 10 kelebihan yang ada di produk atau jasa Anda. Harus dicatat agar mudah dikenali dan mudah diingat.

Tujuh, catat juga 10 kekurangan produk atau jasa Anda.

Setelah mencatat 10 kelebihan, juga catat 10 kelemahan pada produk atau jasa Anda. Tujuannya untuk mengetahui sebenarnya apa yang menjadi keunggulan produk atau jasa Anda yang sesungguhnya.

Delapan, kembangkan keunggulan produk atau jasa Anda.

Sudah mencatat 10 kelebihan dan kelemahan? Kenali, apa keunggulan yang Anda miliki, dan tidak dimiliki oleh kompetitor. Anda bisa menggunakan keunggulan tersebut saat berpromosi.

Sembilan, amati tiru dan modifikasi (ATM)

Sesekali, Anda bisa melakukan ATM dari produk atau jasa kompetitor. Tapi, usahakan modifikasi agar membedakan produk atau jasa Anda dengan pesaing.

Sepuluh, terus belajar bisnis.

Dunia bisnis yang terus berkembang tentu menuntut Anda juga harus terus up grade ilmu. Maka, sipapkan dana khusus untuk belajar. Bisa dari buku, traning, seminar, dan lainnya. Salah satunya bisa belajar mengetahui cara laris walau tanpa beriklan (ads).

Untuk itu, Indscript Creative siap membocorkan rahasia agar produk atau jasa bisa laris tanpa ads. Silahkan klik JOIN WAITING LIST LARIS TANPA ADS untuk mendapatkan informasi terbaru.

Nah, siap melakukan 10 hal di atas?

Pengunjung Juga Mencari:

  • cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan
  • cara mempertahankan usaha
  • cara mempertahankan usaha kecil
  • bagaimana tindakan anda mempertahankan produk walau banyaknya pesaing
  • yang harus dilakukan dalam mempertahankan dan mengembangkan usaha
Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com