Tips Menulis yang Baik bagi IRT

Siapapun dapat menjadi penulis buku, termasuk kalangan ibu rumah tangga (IRT). Asal, tahu rahasia bagaimana menulis dan menerbitkan buku. Anda tentu ingin mengabadikan pengalaman pribadi melalui buku agar dapat memberi informasi kepada masyarakat luas. Apalagi untuk menjadi penulis buku tidak membutuhkan bakat tetap komitmen untuk menulis. Tertarik? Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

Tahapan pertama yang dapat Anda lakukan adalah mencari tema menulis berdasarkan keahlian diri sendiri.

Bila Anda adalah pebisnis kuliner, maka dapat menulis mengenai resep, ide bisnis kuliner yang menjanjikan, pengalaman membangun bisnis kuliner, dan lainnya. Saat ini, genre nonfiksi, seperti resep, motivasi, bisnis, how-to, travelling, juga masih banyak dicari pembaca. Pasalnya, Anda cukup menceritakan pengetahuan atau pengalaman pribadi yang layak diketahui oleh masyarakat.

Selanjutnya, mencari buku yang menyerupai ide Anda di toko buku.

Misalnya, Anda ingin menulis buku mengenai how-to yaitu berjualan di media sosial. Maka, datangi toko buku lalu menuju rak yang memajang buku seputar media sosial. Dari situ, Anda akan memiliki data informasi apa yang sudah ada di buku hingga penerbit mana saja yang potensial.

Berikutnya adalah mencari hal unik yang ada di dalam naskah Anda kelak.

Sebagai contoh, kebanyakan buku konsultan keuangan menggunakan bahasa yang resmi. maka Anda memilih diksi yang mudah dipahami oleh khalayak luas karena segmen yang ditembak adalah anak muda agar “melek” dunia keuangan.

Terus, mulailah menulis saat itu juga dan segera selesaikan naskah Anda.

Saat sudah selesai, Anda dapat istirahat sejenak dengan melakukan hal-hal yang membuat otak segar kembali. Baru lakukan self editing sebelum mengirimkan ke penerbit.

Kemudian, pastikan waktu menulis masuk dalam daftar jadwal harian Anda.

Bagi IRT, pekerjaan mengurus rumah dan keluarga sudah sangat banyak. Agar masih punya waktu untuk menulis, maka buat manajemen waktu berupa jadwal harian. Hal tersebut bisa membuat pekerjaan utama sebagai IRT tetap berjalan lancar, sekaligus masih bisa produktif dengan menulis.

Untuk itu, Indscript Creative memudahkan Anda dalam membuat manajemen waktu. Cukup donwload E-BOOK MANAJEMEN WAKTU secara GRATIS ini. Lalu, Anda bisa mengikuti panduannya.

DOWNLOAD SEKARANG

Sebuah buku yang sekaligus dapat mendokumentasikan perjalanan hidup Anda. Semoga impian Anda menjadi penulis lekas terwujud, ya!

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com