Tips Menjadi Penulis Pemula yang Mudah Dilakukan

Tidak banyak yang tahu, agar menjadi penulis, Anda harus temukan apa motivasi utama mengapa mau menghasilkan tulisan. Bila Anda sudah mengetahui motivasi menulis diri sendiri, dapat memberi dampak positif pada produktivitas kelak. Tercatat beberapa alasan yang pernah para penulis akui. Berikut ada lima motivasi penulis yang terbanyak.

Satu, menghasilkan tulisan dapat memberikan kebahagiaan pribadi.

Penulis umumnya mengaku kalau ada kepuasan tersendiri bila berhasil menuntaskan naskah. Pada akhirnya, buku yang memuat tulisannya tersebut akan dijual bebas di toko buku. Serta dapat dibaca oleh banyak orang dari berbagai wilayah.

Dua, alasan menulis karena ingin memiliki karya yang membanggakan, khususnya untuk keluarga.

Sebuah karya berupa buku memang memiliki kesan yang berbeda. Setidaknya ada pemikiran yang tertuang lewat tulisan. Deretan kalimat tersebut dapat menjadi harta tidak ternilai bagi anak cucu kelak.

Tiga, ingin berbagi pengalaman.

Baik itu cerita yang inspiratif, duka, hingga komedi. Buku dapat menjadi diary yang dibaca oleh siapa saja. Sekaligus menceritakan kembali mengenai peristiwa yang dapat dipetik hikmahnya. Bagi penulis, ada ketenangan batin bila perasaannya tertuang berbentuk tulisan.

Empat, menulis untuk mendapatkan uang.

Penulis dapat menjadi profesi yang menarik bagi masyarakat. Hasil karya yang mendapatkan apresiasi dalam bentuk materi. Contohnya, dari royalti buku, honor pemuatan tulisan di majalah atau surat kabar, hingga uang naskah beli putus dari penerbit.

Lima, tidak jarang justru motivasinya agar dikenal sebagai penulis.

Bagi beberapa orang, mendapatkan pengakuan sebagai penulis merupakan tujuan menulis. Penulis bukan sekedar label tetapi nama pekerjaan yang dapat dilakukan secara profesional.

Agar impian Anda menjadi penulis terwujud, baiknya memiliki target menulis dan jadwal khusus menulis. Jangan menunggu punya waktu luang untuk menulis, tapi harus meluangkan waktu khusus untuk menulis dalam satu hari. Masukkan kegiatan menulis di dalam daftar manajemen waktu Anda.

Belum punya jadwal harian? Anda bisa belajar bagaimana membuat manajemen waktu lewat E-BOOK MANAJEMEN WAKTU dari Indscript Creative yang diberikan secara GRATIS ini.

DOWNLOAD SEKARANG

Ingin mendapatkan tips praktis menulis atau tips praktis bisnis lainnya? Pantau terus artikel kami berikutnya, ya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com