1

Tips Menjadi Penulis Pemula Mengenai Self Editing

Self editing atau kegiatan penulis itu sendiri yang melakukan proses editing terhadap naskahnya, adalah salah satu tahapan yang krusial. Justru, setelah menulis satu buah naskah sampai halaman terakhir, maka langkah Anda untuk menjadi penulis tidak berhenti saat itu juga. Anda harus melakukan self editing, bahkan baiknya dilakukan berkali-kali.

Tujuan melakukan selft editingΒ adalah agar membuat naskah Anda kian memikat pihak penerbit.

Perlu diketahui, setiap penulis yang baru saja usai menuntaskan satu buah naskah, pasti tidak menghasilkan tulisan yang maksimal, walaupun Anda adalah penulis yang sudah menelurkan puluhan buku. Untuk itu, melakukan self editing adalah hal yang wajib dilakukan oleh (calon) penulis.

Yang Anda lakukan selama proses self editing yaitu membaca kembali naskah dari awal hingga akhir.

Anda harus memastikan kalau tidak ada kesalahan ketik dan penulisan sudah sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Selain itu, Anda dapat memperbaiki diksi agar lebih tepat, atau sedikit merubah alur jika memungkinkan, maupun hal yang lainnya.

Sebelum Anda melakukan self editing harus melalui masa mengendapkan naskah.

Jika Anda sudah usai menuntaskan satu buah naskah, maka simpan tulisan tersebut selama beberapa hari, baru kemudian membuka dan melakukan self editing. Masa mengendapkan naskah tersebut sangat bermanfaat membuat pikiran Anda lebih segar kembali dalam melakukan

Apalagi bagi ibu rumah tangga (IRT) yang ingin menjadi penulis, kerap menghadapi masalah tidak punya waktu menulis. Maka, sebelum menulis dan kelak bisa melakukan tahapan self editing, buat manajemen waktu agar pekerjaan domestik tidak terbengkalai dan masih punya waktu untuk produktif menulis. Apalagi, penulis adalah profesi yang cocok bagi IRT.

Untuk itu, Indscript Creative memberikan rahasia cara membuat manajemen waktu. Anda cukup mengikuti panduan di E-BOOK MANAJEMEN WAKTU dari yang bisa di-download secara GRATIS ini.

DOWNLOAD SEKARANG

Sudah punya manajemen waktu? Tinggal konsisten dengan jadwal harian tersebut dan menulis lalu self editing, ya. Nah, apakah Anda sendiri kerap melakukan self editing sebelum mengirimkan naskahnya? Silahkan jawab di kolom komentar.

Pengunjung Juga Mencari:

  • tempat kerja editor
Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com