Manfaat Manajemen Waktu dan Cara Agar Tidak Berantakan

Ada ibu rumah tangga (IRT) yang mengaku sudah punya manajemen waktu, berupa jadwal harian, tapi sering kacau ketika ada urusan mendadak. Misalnya, anak sakit dan rewel, atau ada tamu datang saat Anda sedang beraktivitas. Padahal, jangan jadikan semua itu alasan untuk tidak konsisten terhadap manajemen waktu. Pasalnya, Anda akan mendapatkan banyak manfaat ketika mematuhi jadwal harian.

Yang pertama, tidak ada kegiatan penting yang terlewatkan.

Jika Anda tidak melihat jadwal harian, bisa membuat Anda melewatkan satu atau beberapa kegiatan penting yang harusnya dilakukan. Contohnya, seharunya hari ini waktunya menyetrika tapi lupa, akhirnya baju yang belum disetrika kian menumpuk.

Yang kedua, semua kegiatan seimbang.

Dengan adanya manajemen waktu, maka hari-hari Anda akan lebih seimbang. Antara mengurus rumah, menemani suami, mendidik anak-anak, hingga masih punya waktu me time.

Yang ketiga, mengisi waktu dengan efektif dan efisien.

Bila Anda konsisten terhadap manajemen waktu, maka sudah tahu jam sekian harus melakukan apa saja. Artinya, Anda mengisi hari-hari dengan lebih tepat dan cepat karena fokus mengerjakan satu hal.

Lalu, bagaimana bila ada kejadian mendadak sehingga tidak bisa mematuhi jadwal harian? Maka, lakukan langkah berikut ini.

Satu, saat membuat jadwal harian, harus kasih tanda, mana aktivitas yang penting atau tidak boleh ditinggalkan.

Contoh untuk aktivitas penting itu makan, mandi, ibadah, dan lainnya. Terkadang, menjadi IRT yang supersibuk sampai lua belum sempat makan atau membersihkan diri sendiri.

Dua, tandai juga aktivitas yang tidak wajib.

Contohnya: membaca buku, memasak, mencuci, dan lainnya. Ketika ada tamu datang dan Anda jadwalnya akan memasak, maka bisa kok ganti menemani tamu lalu membeli lauk di warung, atau menjelaskan kepada tamu kalau jadwalnya memasak jadi bisa ngobrol santai di dapur.

Bagi yang belum tahu bagaimana cara membuat manajemen waktu, bisa mengikuti panduan di E-BOOK MANAJEMEN WAKTU dari yang bisa di-download secara GRATIS ini.

DOWNLOAD SEKARANG

Jadi, sekarang nggak ada alasan lain buat tidak konsisten terhadap manajemen waktu, ya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com